CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,80   -0,91   -0.09%
  • EMAS995.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Jokowi gratiskan listrik 3 bulan, Sandiaga Uno: Saya mendukung penuh


Rabu, 01 April 2020 / 18:04 WIB
Jokowi gratiskan listrik 3 bulan, Sandiaga Uno: Saya mendukung penuh
ILUSTRASI. Mantan Ketua Umum HIPMI Sandiaga Uno hadir pada pelantikan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) periode 2019-2022 di Jakarta, Rabu (15/1/2020). 


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sandiaga Uno mendukung penuh kebijakan pemerintah Joko Widodo (Jokowi) terkait pembebasan tarif listrik golongan 450 VA dan potongan 50% untuk listrik golongan 900 VA selama 3 bulan ke depan.

“Bahkan saat berinteraksi dengan masyarakat melalui Facebook Live pekan lalu, saya mengusulkan agar pemerintah dapat menggratiskan semua untuk yang golongan 450 - 900 VA,” ujar Sandi dalam akun Instagramnya, Rabu (1/4).

Baca Juga: Jokowi gratiskan listrik 3 bulan untuk ringankan beban masyarakat miskin

Menurutnya pandemik COVID-19 ini, banyak sekali masyarakat, khususnya kelas menengah ke bawah yang merasakan dampak yang begitu besar terhadap ekonominya. Oleh karena itu, kebijakan pembebasan tarif listrik ini diharap dapat meringankan beban biaya masyarakat.

Di sisi lain, Sandi juga mengapresiasi rencana kebijakan bantuan langsung baik dalam bentuk tunai maupun dalam bentuk barang. Tepat sasaran, tepat manfaat by name, by address karena sudah ada bantuan langsung yang dilakukan oleh pemerintah melalui juga basis data yang terpadu.

Menurutnya, kesulitan yang dihadapi saat ini imbas pandemik Covid-19 harus dihadapi bersama-sama. Dengan kolaborasi pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan juga kita bisa melibatkan kelompok masyarakat dan juga dunia usaha.

“Tidak bisa semuanya ditumpahkan ke pemerintah saja tapi semua pihak saling bergotong-royong sesuai dengan nilai luhur bangsa kita yaitu gotong royong dan saling peduli,” tuturnya.

 

Baca Juga: Pemerintah kaji opsi memperluas keringanan tagihan listrik golongan pelanggan lain

Presiden Joko Widodo, Selasa (31/3) telah mengumumkan memberikan keringanan berupa subsidi listrik bagi masyarakat miskin. Bantuan tersebut berupa pengratisan pemakaian listrik selama tiga bulan ke depan, terhitung mulai April sampai Juni 2020.

Listrik gratis ini hanya diberikan bagi masyarakat pengguna listrik 450 volt ampere (VA) yang jumlahnya mencapai 24 juta pelanggan di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Jokowi mengumumkan, pemerintah juga memberikan bantuan bagi masyarakat pelanggan listrik dengan 900 VA. Bantuan ini berupa diskon sebesar 50% terhadap total konsumsi listrik yang digunakan untuk periode tiga bulan ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×