kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,90   15,53   2.01%
  • EMAS1.029.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

Jokowi bakal tutup 18 lembaga, pengamat: Kebanyakan yang malah jadi pemborosan


Selasa, 14 Juli 2020 / 20:06 WIB
Jokowi bakal tutup 18 lembaga, pengamat: Kebanyakan yang malah jadi pemborosan
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo bersiap memimpin rapat terbatas (ratas) di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (7/7/2020). Ratas tersebut membahas percepatan pembangunan program strategis nasional Jalan Tol Sumatera dan Tol Cisumdawu. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/POOL/f

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Langkah bersih-bersih lembaga Presiden Joko Widodo disambut baik oleh pengamat kebijakan publik Agus Pambagio. Pasalnya selama ini banyak lembaga yang dinilai memiliki fungsi tumpang tindih dengan kementerian. Sehingga dalam kaitannya dengan anggaran terjadi pemborosan.

"Banyak lembaga tumpang tindih dengan kementerian jadi pemborosan," ujar Agus saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (14/7).

Baca Juga: Menpan RB: Rencana pembubaran 18 lembaga masih tahap evaluasi

Agus bilang sejumlah lembaga bisa dihapus terutama yang pendiriannya berdasar kepada Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Presiden (Perpres). Hal itu menjadi hak penuh presiden.

Banyak hal yang memicu munculnya banyak lembaga. Termasuk sebagai ajang pembagian kekuasaan dalam mengakomodir dukungan politik. "Pertimbangan presiden soal pemerataan kekuasaan lawan politik atau satu kubu, banyak pertimbangan," terang Agus.

Salah satu yang disebut oleh Agus layak dihapus adalah  Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Selain itu ada pula usulam penggabungan lembaga riset dalam Kementerian Riset dam Teknologi.

Baca Juga: Jokowi akan bubarkan 18 badan, ini bocorannya

Beberapa lembaga juga sebelumnya dinilai diupayakan oleh Jokowi untuk dipertahankan. Namun, seiring tak adanya perkembangan membuat presiden memilih untuk membubarkan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×