kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi - Amin akan genjot akses ekonomi kembangkan pulau terluar dan terpencil


Selasa, 26 Maret 2019 / 17:49 WIB
Jokowi - Amin akan genjot akses ekonomi kembangkan pulau terluar dan terpencil


Reporter: Abdul Basith | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasangan calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) nomor urut 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin akan menggenjot akses ekonomi di pulau terluar dan terpencil.

Berdasarkan visi dan misi, pasangan tersebut mengaku luasnya Indonesia yang terdiri dari sejumlah pulau. Oleh karena itu sejumlah pulau yang terluar dan terpencil kadang sulit mengakses sumber ekonomi sehingga sulit berkembang.

"Umumnya permasalahan di daerah terluar dan terpencil adalah akses terhadap sumber ekonomi," ujar Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Usman Kansong saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (26/3).

Oleh karena itu, pasangan 01 tersebut akan mengoptimalkan akses untuk sumber ekonomi. Salah satunya adalah akses transportasi dan logistik.

Tol laut yang dikerjakan Jokowi selama pemerintahan periode pertama akan kembali didorong bila terpilih. Hal itu dinilai memberikan dampak yang baik bagi penurunan biaya produksi di daerah terluar dan terpencil. "Tol laut terbukti mengurangi ongkos produksi sekitar 6% menurut sejumlah perhitungan," terang Usman.

Tidak hanya tol laut, infrastruktur lainnya juga akan digenjot yang berkaitan dengan akses. Usman mencontohkan seperti jalan raya di daerah perbatasan yang akan membuat distribusi logistik menjadi lebih mudah.

Selain itu infrastruktur yang disebut sebagai infrastruktur langit juga akan digunakan dalam memajukan ekonomi di daerah terluar dan terpencil. Infrastruktur langit yang dimaksud TKN 01 tersebut berkaitan dengan satelit dan jaringan internet.

Tahun 2020 mendatang ditargetkan seluruh wilayah Indonesia akan dapat mengakses internet. Adanya akses internet diharapkan akan mampu mendongkrak perekonomian di daerah terluar dan terpencil. "Infrastruktur langit akan membuka akses daerah terhadap sumber ekonomi dengan internet," jelas Usman.

Menurutnya visi dan misi Jokowi - Amin akan mengubah perspektif pembangunan di Indonesia. Pembangunan akan dilakukan di seluruh wilayah Indonesia tidak hanya berfokus di pulau Jawa.

Capres petahana tersebut dinilai telah melakukan hal tersebut dalam kepemimpinan 2014-2019 saat ini. Usman bilang sejumlah pembangunan dilakukan di daerah terluar dan terpencil seperti sumber listrik dan rehabilitasi pasar rakyat.

Ke depan, Jokowi - Amin juga akan membuka akses modal bagi masyarakat daerah terluar dan terpencil. Pasalnya untuk memboyong industri berinvestasi di daerah terluar dan terpencil akan menjadi masalah yang sulit.

Eh karena itu terdapat program yang akan mampu meningkatkan penghasilan masyarakat seperti yang disebut dengan istilah ekonomi kerakyatan oleh pasangan 01.

Wilayah daerah terluar dan terpencil yang didominasi oleh desa membuat pasangan 01 tersebut akan meningkatkan dana desa bila terpilih. Selain itu, melihat mayoritas pekerjaan masyarakat sebagai nelayan dan petani, Jokowi - Amin juga akan memberikan kredit usaha mikro bagi masyarakat sehingga akan meningkatkan modal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×