kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

JK lelang dasi, Sri Mulyani lelang baju batik kesayangannya


Senin, 26 Februari 2018 / 15:27 WIB
JK lelang dasi, Sri Mulyani lelang baju batik kesayangannya
ILUSTRASI. Lelang Koleksi Pribadi Wapres Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla


Reporter: Arsy Ani Sucianingsih | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemkeu) akan menyelenggarakan lelang sukarela. Beberapa koleksi pribadi milik pejabat negara akan dilelang.

Direktur Lelang Ditjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Lukman Effendi mengatakan, lelang tersebut menjadi penting fungsinya lantaran menjadi salah satu sarana penuntasan masalah hukum, juga dapat mengumpulkan pendapatan negara.

“Ini dapat menurunkan tingkat kredit macet perbankan dengan lelang Agunan dan banyak lagi bagaimana melelang asset-aset non produktif, dan lembaga sebagai alat untuk menggerakkan roda perekonomian Indonesia,” paparnya di gedung Kemenkeu, Senin (26/2).

Beberapa koleksi pribadi seperti dari Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama istrinya melelang 12 barang seperti kain batik hingga baju batik. “Objek yang dilelang ini memiliki unsur memorabilia (kenangan dengan harga limit yang tidak terlalu tinggi,” ujarnya.

Koleksi pribadi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga tidak mau ketinggalan, dia menelakng satu buah baju batik tulis lengan panjang motif bunga dengan nilai imit Rp 500 ribu. Mentri perhubungan Budi Karya Sumadi akan melelang gitar kesayangannya dengan limit yang sama.

Selain itu Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan melelang seperangkat alat perlengkapan golf dengan nilai limit Rp 10 juta.

Lelang terbuka tersebut akan dilakukan pada hari Rabu, 28 februari 2018 di Gedung Galeri Nasional Indonesia. Hasil lelang sukarela ini akan disalurkan untuk kegiatan sosial untuk pendidikan, sementara itu pemerintah memperloleh pendapatan negara bukan pajak dari bea lelang yang di setor ke kas negara “biaya lelang sendiri berkisar 0,25% hingga 0,3% dari harga jualnya,” imbuhnya.

Masyarakat umum yang ingin mengikuti lelang ini dapat memilih barang dan tardapat dua jenis lelang yang digunakan : yakni lelang konvensional dengan kehadiran peserta lelang, lelang melalui internet (e-auction) dengan menggunakan virtual account (VA) dengan mendaftarkan diri ke website lelang DJKN dengan alamat www.lelang djkn.kemenkeu.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×