kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.871.000   -23.000   -1,21%
  • USD/IDR 16.420   -15,00   -0,09%
  • IDX 7.095   -46,49   -0,65%
  • KOMPAS100 1.030   -10,30   -0,99%
  • LQ45 803   -9,10   -1,12%
  • ISSI 223   -2,38   -1,06%
  • IDX30 419   -4,71   -1,11%
  • IDXHIDIV20 502   -8,79   -1,72%
  • IDX80 116   -1,49   -1,27%
  • IDXV30 119   -2,82   -2,32%
  • IDXQ30 138   -1,77   -1,27%

Jawa Barat menjadi lokasi PMA terbesar


Selasa, 21 Januari 2014 / 14:54 WIB
Jawa Barat menjadi lokasi PMA terbesar
ILUSTRASI. Layar edukasi saham di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat total investasi yang berasal dari Penanaman Modal Asing (PMA) mencapai Rp 270,4 triliun pada tahun 2013. Jawa barat menjadi lokasi yang banyak dipilih investor asing untuk membenamkan usahanya.

BKPM mencatat, total investasi PMA di wilayah Jawa Barat mencapai US$ 7,1 miliar atau mendapatkan porsi 24,9%. Selanjutnya, diikuti oleh Banten dengan US$ 3,7 miliar atau sebesar 13%, Jawa Timur dengan US$ 3,4 miliar atau 11,9%.

DKI Jakarta mendapat posisi keempat dengan nilai US$ 2,6 miliar atau 9,1% dan Papua dengan US$ 2,4 miliar atau 8,2%.

Kepala BKPM Mahendra Siregar mengatakan, berdasarkan koridor ekonomi tahun 2013 baik itu PMA ataupun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) realisasi investasi tertinggi berada di koridor Jawa.

"Jawa investasinya Rp 230,3 triliun," ujarnya, Selasa (21/1). Jawa mendapatkan kue 57,8%, diikuti Sumatera dengan 13,8% dan Maluku dan Papua sebesar 7%.

Adapun selama tahun 2013 terdapat realisasi investasi proyek baru sebesar Rp 250,8 triliun dan proyek perluasan sebesar Rp 147,8 triliun. Sehingga total investasi sebesar Rp 398,6 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×