kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Jalani operasi kanker prostat di AS, ini kabar terbaru SBY


Selasa, 23 November 2021 / 14:19 WIB
Jalani operasi kanker prostat di AS, ini kabar terbaru SBY
ILUSTRASI. Jalani operasi kanker prostat di AS, ini kabar terbaru SBY


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak kabar terbaru dari Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang kini menjadi pengobatan di Amerika Serikat. SBY berobat ke AS untuk menyembuhkan kanker prostat.

Seperti diketahui, SBY diketahui mengidap kanker prostat setelah menjalani serangkaian pemeriksaan melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan, dan pemeriksaan lainnya oleh tim dokter. SBY ke AS dan tiba di negeri paman Sam untuk operasi kanker prostat pada 4 November 2021.

SBY telah menjalani operasi terkait kanker prostat yang diidapnya di Mayo Clinic, Rochester, Amerika Serikat, Kamis (11/11/2021) pagi waktu setempat. Operasi kanker prostat berlangsung lancar dan SBY dalam kondisi stabil.

Kini SBY masih menjalani pemulihan di Rochester, Amerika Serikat, setelah melakukan operasi pengangkatan prostat terkait penyakit kanker prostat yang diidapnya. "Saat ini pascatindakan medis ini, pasca-major surgery, saya masih melakukan pemulihan atau recovery setelah operasi besar itu yang saya lakukan di Rochester, hari ini saya juga melakukan kontrol," kata SBY dalam video yang diunggah akun Instagram @aniyudhoyono, Selasa (23/11/2021).

Baca juga: Sudah tiba di AS, SBY segera jalani perawatan kanker prostat

SBY mengatakan, operasi pengangkatan prostat yang ia alami telah berjalan dengan baik dan lancar serta sesuai dengan ekspektasi tim dokter dan harapannya sendiri. SBY menyebutkan, sejauh ini tim dokter menilai kondisi kesehatannya sesuai dengan perkiraan.

"Pasca-tindakan yang dilaksanakan 11 hari yang lalu, tim dokter menyimpulkan bahwa apa yang saya alami ini sesuai dengan perkiraan bagi siapapun yang menjalani operasi pengangkatan kanker prostat yang dideritanya," ujar dia.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu pun menjelaskan, operasi besar yang ia jalani memiliki sejumlah risiko, terlebih di usianya yang ke-72 tahun membuat risiko itu bertambah besar.

Keputusan untuk melakukan operasi kanker prostat diambil setelah berkonsultasi dengan tim dokter Indonesia, khususnya tim dokter kepresidenan, yang menyatakan bahwa tindakan operasi merupakan tindakan yang palling tepat.

Ia mengatakan, pihak Mayo Clinics juga berpendapat sama setelah melihat hasil patologi kanker yang berada di tubuhnya. "Mereka juga memiliki optimisme bahwa pada saatnya apa yan saya alami ini bisa diatasi dan bisa kembali normal," kata SBY.

SBY mengatakan, ia akan patuh menjalani prosedur yang harus ia jalani sebagai pasien pasca-operasi. Mari kita doakan, SBY lekas pulih dan kembali ke Tanah Air dengan sehat dan selamat.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sudah Jalani Operasi Pengangkatan Prostat, SBY Kini Jalani Pemulihan ",


Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Bayu Galih

Selanjutnya: Bisa jadi penyebab kanker prostat, kurangi konsumsi bahan makanan ini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×