kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

​Jadwal pencairan BLT subsidi gaji Rp 600.000 peserta BPJS Ketenagakerjaan


Selasa, 25 Agustus 2020 / 11:42 WIB
​Jadwal pencairan BLT subsidi gaji Rp 600.000 peserta BPJS Ketenagakerjaan
ILUSTRASI. BPJS KETENAGAKERJAAN - Kontan Adv Online


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Pemerintah batal mencairkan bantuan Rp 600 ribu per bulan secara serentak akhir Agustus ini. 

Menjelang tutup bulan ini, BPJS Ketenagakerjaan belum mendapatkan seluruh data penerima bantuan Rp 600 ribu. 

Padahal Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi gaji kepada pegawai gaji di bawah Rp 5 juta tersebut harus divalidasi. 

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto menerangkan, sampai saat ini sudah ada 13,7 juta nomor rekening yang sudah terkumpul sebagai calon penerima bantuan Rp 600 ribu. Dari jumlah tersebut sekitar 10 juta nomor rekening sudah tervalidasi.

Nomor rekening calon penerima subsidi gaji yang diserahkan ini pun diserahkan secara bertahap setelah divalidasi secara bertahap. 

"Yang tervalidasi ini akan diserahkan secara bertahap yaitu sebanyak 2,5 juta per batch. Ini kita lakukan agar memudahkan melakukan rekonsiliasi, monitoring dan prinsip kehati-hatian," ujar Agus dikutip Kontan, Senin (24/8).

Mengingat sampai saat ini nomor rekening calon penerima yang terkumpul baru sebanyak 13,7 juta, maka ada sekitar 2 juta nomor rekening lagi yang belum diterima BPJS Ketenagakerjaan.  Agus pun meminta agar pemberi kerja segera menyetor seluruh data tersebut.

Baca Juga: Maaf, bantuan Rp 600 ribu batal cair serentak, ini penyebabnya

Jadwal pencairan BLT pekerja

Pemerintah akan tetap menyalurkan bantuan Rp 600 ribu, namun secara bertahap. 

Dikutip Kontan, Selasa (25/8/2020), pencairan bantuan Rp 600 ribu paling cepat akhir Agustus dan paling lambat selesai akhir September.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah pun mengatakan, bantuan Rp 600 ribu atau subsidi gaji ini akan mulai disalurkan pada akhir Agustus. 

"Paling tidak akhir Agustus dicairkan," kata Ida.

Menurut Ida, pencairan dana bantuan Rp 600 ribu akan berlangsung secara bertahap. Pasalnya, data calon penerima bantuan BLT karyawan ini juga didapatkan secara bertahap.

Ida menargetkan minimal data yang diterima setiap minggu sebanyak 2,5 juta rekening sehingga pemerintah bisa menerima 15,7 juta data calon penerima di akhir September 2020. 

Baca Juga: Penyerapan Anggaran Minim, Program PEN Belum Ampuh Ungkit Ekonomi

Tahap BLT cair

Setelah BPJS Ketenagakerjaan melakukan validasi, kemudian data nomor rekening calon penerima subsidi gaji tersebut akan diserahkan ke pemerintah secara bertahap yaitu sebanyak 2,5 juta per batch. 

Lalu, data rekening calon penerima bantuan Rp 600 ribu yang diterima oleh Kemnaker ini akan diproses kembali oleh Kementerian Ketenagakerjaan untuk memastikan nomor rekening yang diterima sesuai dengan data-data yang ada. 

"Setelah 2,5 juta ini diserahkan, kami membutuhkan waktu untuk mengecek kesesuaian data yang disampaikan. Kami membutuhkan waktu. 2,5 juta itu bukan angka yang sedikit," ujar Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. 

Nantinya, setelah data tersebut diproses, data tersebut juga akan diserahkan kepada Kementerian Keuangan supaya dana bantuan Rp 600 ribu dicairkan.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan serahkan 2,5 juta data calon penerima subsidi gaji ke Kemnaker




TERBARU

[X]
×