kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.133.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jadi Wanita Inspiratif, Sri Mulyani Masuk Daftar Forbes 50 Over 50 Asia 2023


Rabu, 18 Januari 2023 / 19:17 WIB
Jadi Wanita Inspiratif, Sri Mulyani Masuk Daftar Forbes 50 Over 50 Asia 2023
ILUSTRASI. Jadi Wanita Inspiratif, Sri Mulyani Masuk Daftar Forbes 50 Over 50 Asia 2023


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati masuk dalam daftar 50 Over 50: Asia 2023 yang dirilis oleh Forbes. Daftar ini berisikan para wanita berusia di atas 50 tahun dari kawasan Asia-Pasifik yang memiliki pencapaian tinggi di bidangnya dan menginspirasi generasi berikutnya. 

Mengutip Forbes, Rabu (18/1/2023), Sri Mulyani masuk dalam daftar tersebut karena pencapaiannya sebagai pengelola keuangan negara. 

Ia menjabat sebagai menteri keuangan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak 2016, saat berusia 54 tahun. Dia dikenal di dunia internasional karena mempromosikan kesetaraan gender dan antikorupsi. 

Baca Juga: Simak Daftar 4 Perempuan Super Kaya Indonesia, Siapa Saja Mereka?

Sri Mulyani juga pernah menjabat sebagai menteri keuangan selama 2005-2010 di bawah pemerintahan Presiden Susilo Bamang Yudhoyono (SBY), yang sekaligus menjadi jabatan pertamanya sebagai menteri keuangan. 

Pada saat itu, perannya sebagai bendahara negara telah mendorong devisa Indonesia mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar US$ 50 miliar, dan rasio utang pemerintah turun menjadi 30% terhadap produk domestik bruto (PDB). 

Selain itu, Sri Mulyani melakukan reformasi yang membuat posisi Indonesia menjadi salah satu dari tiga negara berkembang yang memiliki pemulihan ekonomi tercepat dengan tumbuh 4,5% pada 2009, setelah menghadapi tekanan krisis ekonomi global di 2008. 

Baca Juga: Sri Mulyani Terbitkan Aturan Baru Pemeriksaan Bukti Permulaan Tindak Pidana Pajak

Sebelumnya, Forbes juga menempatkan Sri Mulyani ke dalam jajaran wanita paling berpengaruh di dunia pada tahun 2022. 

Dalam Tops Forbes’ 19th Annual Ranking of the World’s Most Powerful Women, Sri Mulyani berada di peringkat ke-47, naik dari tahun sebelumnya yang berada di peringkat ke-66.

Para wanita berpengaruh yang masuk dalam daftar itu adalah yang mampu membuat pembangunan, disruptor, dan inovator di sektornya masing-masing, mulai dari pemerintahan, korporat, hingga dunia kreatif. Mereka juga memiliki pandangan yang modern dan visioner. 

Baca Juga: Sri Mulyani: Pemda yang Bisa Kontrol Inflasi di Daerahnya Akan Diberi Penghargaan

Forbes menyoroti kiprah Sri Mulyani yang pernah menjabat sebagai Managing Director dan COO Bank Dunia, sebelum akhirnya ia kembali berperan menjadi Menteri Keuangan Indonesia pada 2016. 

Pada 2018, Sri Mulyani juga pernah tercatat menerima penghargaan bergengsi sebagai "Menteri Terbaik di Dunia" dalam World Government Summit atas usahanya melaksanakan reformasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sri Mulyani Masuk Daftar Forbes 50 Forbes Over 50 Asia 2023, Jadi Wanita Menginspirasi",
Penulis : Yohana Artha Uly
Editor : Aprillia Ika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×