kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jadi juara lari internasional, Menteri PAN RB berikan slot khusus CPNS bagi Zohri


Jumat, 13 Juli 2018 / 18:52 WIB
Jadi juara lari internasional, Menteri PAN RB berikan slot khusus CPNS bagi Zohri
ILUSTRASI. ZOHRI JUARA DUNIA LARI 100 M IAAF U20


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Asman Abnur menyatakan telah menyediakan slot khusus bagi Lalu Muhammad Zohri dalam seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini.

"Jadi anak kita yang kemarin menang lari dunia itu saya sediakan slot khusus untuk jadi PNS," kata Asman usai mengisi acara Leader's Talk di Kementerian Sekretaris Negara, Jumat (13/7).

Sekadar tahu saja, Lalu Muhammad Zohri merupakan pelari tercepat dalam kejuaraan lari dunia nomor 100 meter pada kejuaraan Dunia U20 IAAF di Tampere, Finlandia. Ini membuat Zohri dinobatkan sebagai juara dunia dengan torehan waktu 10,18 detik.

Asman bilang, slot khusus CPNS bagi Zohri diberikan lantaran yang bersangkutan sudah memenuhi kriteria sebagai atlet yang berprestasi tingkat dunia. "Meski saat ini belum genap 18 tahun, tapi setidaknya bulan depan sudah 18 tahun. Sudah bisa langsung," jelasnya.

Nantinya Zohri akan ditempatkan di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora). "Nanti bekerjanya bisa menjadi atlet tapi pegawai negeri di Kempora, kalau sudah sudah tidak menjadi atlet, bisa jadi pelatih," katanya.

Asman juga bilang, dengan memberikan slot khusus ini diharapkan bisa menjadi motivasi dan penghargaan bagi anak bangsa yang juara dunia. Karena mencapai juara itu tidak mudah.

Asman bilang, pemberian slot CPNS bagi atlet ini juga dilakukan agar kelak atlet Indonesia memiliki jaminan masa depan yang baik. Seperti bisa melatih dan menjadi contoh bagi generasi berikutnya. 

Kendati begitu, Asman menegaskan Zohri masih akan tetap harus melewati seleksi CPNS. Hanya saja, untuk formasi khusus dirinya akan dibebaskan dari tes kompetensi bidang.

Catatan saja, sebelumnya Zohri juga telah mendapat hadiah langsung dari Presiden Joko Widodo. Presiden telah menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk merenovasi rumah Zohri di Lombok.

"Prestasi yang ditorehkan Zohri tentu sangat membanggakan kita semua, bangsa Indonesia. Terlebih lagi kita dapat melihat bagaimana Zohri tidaklah diperhitungkan sama sekali. Untuk prestasi yang diraih Zohri, saya telah memerintahkan Menteri PU dan Perumahan Rakyat untuk merenovasi rumah Zohri di Lombok," kata Presiden seperti dikutip dari Biro Pers Kepresidenan, Jumat (13/7).

Sebagai informasi, Zohri berasal dari keluarga yang sederhana. Rumahnya berada di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Prestasi Zohri yang menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia, sudah menjadi perhatian Presiden. Bahkan, Presiden menyatakan langsung kebanggaannya atas prestasi yang ditorehkan pemuda asal Lombok, Nusa Tenggara Barat itu.

"Saya kira tidak saya saja, tapi seluruh rakyat Indonesia tentu senang dan bangga," kata Presiden seusai menghadiri peringatan Hari Koperasi ke-71 di Indonesia Convention Center, BSD City, Tangerang, kemarin.

Presiden mengatakan prestasi yang diraih oleh Zohri dan atlet-atlet cabang olahraga lainnya akan menjadi modal penting Indonesia untuk berjaya di Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Agustus mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×