kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Istana Kepresidenan sewa 18 mobil untuk tamu negara saat pelantikan


Kamis, 17 Oktober 2019 / 18:17 WIB
Istana Kepresidenan sewa 18 mobil untuk tamu negara saat pelantikan
ILUSTRASI. Rangkaian kendaraan yang membawa Presiden Joko Widodo tiba di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pidato RAPBN 2020 beserta nota keuangan dihadapan anggota DPR.

Reporter: Abdul Basith | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Istana menyiapkan 18 mobil untuk tamu negara saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 20 Oktober 2019 mendatang.

Terdapat dua tipe mobil Mercedes Benz yang disewa selama empat hari. Antara lain Mercedes Benz S450 untuk kepala negara dan setingkatnya serta Mercedes Benz E300 untuk utusan.

Baca Juga: Manfaatkan TEI 2019, Hipmi Jaya ingin produk unggulan Indonesia dikenal dunia

"Anggaran kita minta empat hari, kurang lebih Rp 1 miliar," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartoni di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (17/10).

Seluruh mobil yang disewa merupakan mobil baru. Hal itu untuk menjamin kenyamanan tamu negara selama berada di Indonesia untuk menghadiri acara pelantikan.

Hingga saat ini, Heru bilang sejumlah kepala negara dijadwalkan hadir antara lain Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Australia, Filipina serta kemungkinan Vietnam dan Myanmar. Sementara untuk China yang terjadwal adalah wakil presiden.

Selain itu, utusan yang berencana hadir antara lain Amerika Serikat, Thailand, dan Laos. Istana juga telah menyediakan kendaraan cadangan sebagai antisipasi.

Baca Juga: Pimpinan MPR temui Wapres JK membahas pelantikan hingga amendemen UUD 1945

"Kami siapkan ada cadangan empat kendaraan sehingga kalau terjadi sesuatu kami sudah mempersiapkan cadangan," terang Heru.

Sementara itu, Presiden dan Wakil Presiden terpilih akan menggunakan mobil yang lama karena membutuhkan spesifikasi khusus.

Walau pun sebelumnya Sekretariat Negara juga telah memesan kendaraan baru khusus untuk presiden dan wakil presiden tapi belum tersedia.




TERBARU
Terpopuler

×