kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IPW bilang, Budi Gunawan terpilih jadi wakapolri


Selasa, 21 April 2015 / 21:15 WIB
IPW bilang, Budi Gunawan terpilih jadi wakapolri
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo meresmikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung Cirata.ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.


Reporter: Benedictus Bina Naratama | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Indonesian Police Watch (IPW) mengklaim pihaknya mendapatkan informasi bila Komjen Budi Gunawan telah terpilih menjadi Wakapolri.

Ketua Presidium Indonesian Police Watch, Neta S. Pane, menuturkan pihaknya memperoleh informasi bahwa Wanjakti plus telah memilih Budi Gunawan sebagai Wakapolri menggantikan Badrodin Haiti. Ia menjelaskan Wanjakti plus tersebut dihadiri oleh seluruh Komjen dan sejumlah Irjen serta para Kapolda.

"Kami mendapatkan informasi bahwa Wanjakti plus telah digelar pada Jumat (17/4) lalu dan memutuskan Budi Gunawan (BG) sebagai Wakapolri yang baru," ujar Neta kepada KONTAN, Selasa (21/4).

Menurutnya, pemilihan BG oleh internal Polri sangat solid dan semua jenderal yang hadir di Wanjakti tersebut telah menandatangani persetujuan BG menjadi Wakapolri. Hasil Wanjakti plus ini nantinya akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo. Neta berharap Mabes Polri dapat dengan segera mengumumkan dan melantik BG menjadi Wakapolri menggantikan Badroddin Haiti yang diangkat menjadi Kapolri oleh presiden.

"Nantinya, posisi Kalemdikpol yang ditinggalkan oleh BG akan diisi oleh Kadiv Propam Irjen Syafruddin dari Akpol 85," ujar Neta.

Ia menilai pemilihan BG ini merupakan langkah tepat dari Polri karena dirinya dinilai memiliki tipe jenderal yang loyal dengan atasan dan institusi kepolisian. Neta mengungkapkan selama ini BG telah banyak membantu Kapolri untuk membangun lobi ke legislatif maupun ke pemerintahan. Selain itu, Komjen BG adalah Komjen yang paling senior karena dia yang pertama menyandang pangkat Komjen dibandingkan dengan semua Komjen yang ada di Polri saat ini.

Dengan tingkat loyalitas BG yang tingga, lanjutnya, tidak mungkin akan mengintervensi Kapolri Haiti. Bahkan BG, ujar Neta, adalah pihak yang mengusulkan ke Presiden Jokowi agar Haiti menjadi Plt Kapolri. BG diharapkan mampu membantu Kapolri Haiti untuk melakukan konsolidasi organisasi, agar krisis kepemimpinan dan konflik internal yang terjadi selama 3 bulan ini bisa berakhir.

"BG dan Haiti bisa saling bersinergi. Sebab memang sejak awal keduanya sudah saling membantu. Duet mereka pasti mampu meletakkan dasar-dasar perubahan nyata di Polri seperti yang diamanantkan oleh Presiden Jokowi," tegas Neta kepada KONTAN.

Namun, ketika dikonfirmasi kepada pihak Mabes Polri tentang terpilihnya BG menjadi Wakapolri, Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Kombes Agus Rianto menyatakan bahwa Wanjakti belum memilih BG sebaga Wakapolri. Ia menjelaskan bahwa Wanjakti tersebut sedianya akan digelar pada hari ini, tapi masih bersifat tentatif.

"BG belum dipilih sebagai Wakapolri karena Wanjakti belum digelar," jelas Agus secara singkat kepada KONTAN.

Ia menjelaskan pihaknya belum mendapatkan konfirmasi secara pasti kapan Wanjakti akan digelar karena Kapolri Badroddin Haiti masih mengikuti kegiatan di Bandung.


Indonesian Police Watch (IPW) mengklaim pihaknya mendapatkan informasi bila Komjen Budi Gunawan telah terpilih menjadi Wakapolri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×