kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah tiga penyebab pelemahan rupiah versi Menkeu


Kamis, 26 Juni 2014 / 21:59 WIB
Inilah tiga penyebab pelemahan rupiah versi Menkeu
Katalog promo Superindo terbaru mulai 30 Januari-2 Februari 2023 untuk promo weekday yang berlaku selama 4 hari di pekan ini.


Reporter: Widyasari Ginting | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. Beberapa hari belakangan ini nilai tukar rupiah menunjukkan pelemahan. Menurut Menteri Keuangan Chatib Basri, ada tiga hal yang menjadi pemicu. Pertama, ketatnya kompetisi politik yang berlangsung antara dua calon presiden membuat ketidakpastian siapa yang bakal menang pada pemilihan presiden (pilpres) 9 Juli mendatang.

"Mungkin hasil dari quick count selisihnya dikit. Kita kemudian menunggu hasil Komisi Pemilihan Umum (KPU), KPU kemudian nunggu Mahkamah Konstitusi,"  kata Chatib. Ketidakpastian terhadap pemilu inilah yang kemudian membuat rupiah melemah mencapai Rp 11.300 - Rp 11.600 per dollar AS.

Pemicu kedua, menurut Chatib disebabkan oleh defisit perdagangan yang terjadi pada Mei 2014 yang membuat rupiah melemah menjadi Rp 11.600-Rp 11.800 per dollar AS. Ketiga yang menyebabkan rupiah semakin melemah sampai dengan Rp 12.000, adalah situasi di Irak ditambah lagi kenaikan harga minyak yang terjadi. "Tapi saya bilang ini semua temporer", tegas Chatib.

Chatib menjelaskan bahwa pemilu pasti berakhir dan pasti akan ada presiden terpilih, sehingga nanti ketegangan politik pasti akan berakhir. Selain itu, neraca perdangan Indonesia juga diyakini Chatib akan semakin membaik.

Menteri Perdagangan M. Lutfi bilang, sebenarnya yang terpenting adalah menjaga nilai rupiah agar tetap stabil. Nilai rupiah yang berfluktuatif menurutnya akan mempersulit para pelaku ekspor impor. Sementara Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chariul Tanjung (CT) bilang penggunaan rupiah pada semua transaksi yang berlangsung di Indonesia akan membantu menstabilkan nilai rupiah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×