kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini sepuluh rancangan program pemerintah tahun 2020, 3 kartu sakti Jokowi masuk semua


Selasa, 30 April 2019 / 20:32 WIB
Ini sepuluh rancangan program pemerintah tahun 2020, 3 kartu sakti Jokowi masuk semua


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah telah mulai merancang kegiatan prioritas dan strategi untuk tahun 2020. Dirketur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemkeu) Askolani menjelaskan ada 10 kegiatan prioritas yang telah dibahas pemerintah, antara lain:

1. Kartu Sembako
Merupakan program inovasi pemerintah menggabungkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dengan bantuan tetap pada Program Keluarga Harapan (PKH).

2. Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah
Merupakan upaya pemerintah melakukan optimalisasi bidik misi dengan memperluas target penerima serta peningkatan indeks bantuan. Kartu ini adalah kelanjutan dari KIP SMA sederajat.

3. Vokasi
Merupakan upaya penguatan sinergi antar lembaga dan peningkatan kompetensi tenaga pendidik melalui penguatan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas dan magang mandiri di dalam maipun luar negeri, sertifikasi tenaga kerja dan kerja sama dengan industri.

4. Kartu Pra Kerja
Merupakan upaya pemerintah mendukung masyarakat miskin yang belum bekerja. Dukungan ini diberikan dalam bentuk pelatihan kerja dan bantuan insentif paska training. Pemerintah menargetkan tahun 2020 ada sekitar 2 juta pemegang kartu

5. Kartu Indonesia Sehat
Melanjutkan pemberian bantuan iuran jaminan kesehatan nasional bagi Penerima Bantuan Iuran (PBI). Pemerintah berpotensi melakukan perluasan peserta dan penyesuaian iuran.

6. Percepatan penganan stunting
Penguatan konvergensi berbagai program kesehatan seperti pemberian gizi serta non kesehatan seperti sanitasi dan air bersih. Pemerintah fokus intervensi pada 260 Kabupaten/Kota dan melakukan sinkronissasi proram di 22 Kementerian dan Lembaga.

7. Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan
Pemeirntah fokus menjaga stabilitas negara dalam mendukung berbagai program pembangunan dan memebrikan rasa aman kepada masyarakat secara lebih profesional

8. Kegiatan Penelitian
Pemerintah akan fakus pada 10 bidang riset antara lain pangan, energi dan transportasi. Askolani menjelaskan kegiatan penelitian ini akan dikombinasikan dengan belanja dan pembiayaan sehingga akan ada tambahan alokasi dana penelitian.

9.Penguatan Destinasi Wisata
Dengan mengembangkan 10 destinasi wisata yang terdiri dari Super Prioritas dan Prioritas. Super Prioritas antara lain Dana Toba, Borobudur, Labuan Bajo dan Mandalika. Sedangkan Prioritas adalah Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu dan Kota Tua, Bromo Tengger Semeru, Wakatobi dan Morotai.

10. Penanganan Bencana
Pemerintah akan melanjutkan penanganan bencana 2018 dan pengembangan skema pembiayaan bencana. Terutama untuk Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×