kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,41   -2,46   -0.24%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Penyebab Utama Kasus Covid-19 di Indonesia Naik Lagi


Senin, 11 Desember 2023 / 04:38 WIB
Ini Penyebab Utama Kasus Covid-19 di Indonesia Naik Lagi
ILUSTRASI. Terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. Kondisi ini dikonfirmasi Ikatan Dokter Indonesia maupun oleh Kemenkes. KONTAN/Baihaki


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. Kondisi ini dikonfirmasi Ikatan Dokter Indonesia maupun oleh Kementeriaan Kesehatan. 

"Apakah terjadi peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia? Jawabannya iya. Kalau kita lihat bulan-bulannya ini sampai November datanya menunjukkan memang terjadi peningkatan kasus," kata Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Erlina Burhan dikutip dari Kompas.com, Rabu(6/12/2023). 

Erlina menyebutkan, peningkatan kasus ini terlihat dari data antara Oktober-November 2023 di mana kasus terlihat naik tiga kali lipat. 

Disebutkan, pada periode 2-8 Oktober 2023 jumlah pasien terinfeksi masih 65 kasus, kemudian menjadi 151 kasus pada periode 20-26 November 2023. 

Peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia 

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi juga membenarkan adanya kenaikan kasus Covid-19. 

Pihaknya menyebutkan, ada peningkatan sebanyak 267 kasus mingguan antara 26 November-2 Desember 2023. Jumlah tersebut bisa menjadi indikasi lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. Sebab tiga bulan lalu jumlah kasus Covid-19 masih sekitar 30-60 kasus per minggu. 

Meski demikian, Nadia mengatakan kasus yang dirawat maupun kasus berat, dan kasus meninggal tak mengalami peningkatan. 

Lantas, sebenarnya apa yang menyebabkan kasus Covid-19 mengalami peningkatan? 

Baca Juga: Generali Indonesia: Kasus Covid-19 Berdampak Terhadap Klaim Kesehatan

Penyebab Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan 

Nadia menjelaskan, penyebab adanya peningkatan kasus Covid-19 adalah karena munculnya subvarian baru. Ia menjelaskan, di Indonesia sebelumnya sudah ada varian XBB 1.5, namun kini ada subvarian baru lagi yakni EG 2 dan EG. 5. 

Dengan demikian saat ini ada tiga jenis varian yang mendominasi. 

Pihaknya menambahkan, saat ini Kemenkes melakukan pemantauan kasus Covid-19 per minggu, tidak lagi per hari karena sudah tidak masuk situasi pandemi. 

Dengan adanya kasus Covid-19 yang mulai naik lagi pihaknya mengingatkan agar masyarakat tidak lupa untuk melakukan beberapa hal menghadapi kenaikan kasus Covid-19. Pihaknya menyarankan memakai masker saat memiliki gejala flu atau berada di lokasi kerumunan. 

Baca Juga: Kasus Harian Covid-19 Naik, Masyarakat Diminta Tetap Disiplin Prokes

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan agar saat ada batuk, pilek, dan demam masyarakat melakukan tes Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri. 

Saran lain pihaknya juga mengingatkan mayarakat untuk melakukan vaksinasi lengkap dan tidak lupa melakukan cuci tangan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Penyebab Kasus Covid-19 di Indonesia Naik Lagi?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×