kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini penerima penghargaan menanam 1 miliar pohon


Rabu, 28 November 2012 / 11:27 WIB
Ini penerima penghargaan menanam 1 miliar pohon


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Edy Can

JAKARTA. Sejumlah pihak dianggap berjasa dalam gerakan menanam 1 miliar pohon yang diusung oleh Kementerian Kehutanan. Karena itu, pemerintah memberikan penghargaan kepada para pelaku yang mendukung gerakan tersebut.

Catatan saja, realisasi gerakan menanam 1 miliar pohon sudah mencapai 70% atau 732 juta batang. "Dengan capaian ini serta dukungan besar gubernur, bupati serta animo masyarakat, maka target 1 miliar pohon pada musim penghujan nanti akan tercapai dan melebihi target," katanya. Rabu (28/11).

Penghargaan diberikan kepada pelaku usaha non kehutanan seperti PT Astra Internasional Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Indominco Mandiri dan PT Djarum. Untuk pelaku usaha sektor kehutanan, penghargaan diberikan kepada PT Sarmiento Parakantja Timber (Kalimantan Tengah), PT Erna Juliawati (Kalimantan Barat) dan PT Korintiga Hutani (Kalimantan Tengah).

Pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2012, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang memenangkan lomba penanaman 1 miliar pohon pada 2011. Untuk peringkat platinum gol, penghargaan diraih Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo karena berhasil menggerakkan seluruh komponen masyarakat Jawa Tengah tiga kali berturut-turut sebagai juara I.

Di posisi runner up, Gubernur Jawa Timur Soekarwo karena berhasil menggerakkan seluruh komponen masyarakat Jawa Timur menanam pohon dengan jumlah terbanyak. Juara II dan III masing-masing diraih oleh provinsi Sumatera Barat dan Sulawesi Utara.

Untuk tingkat Kabupaten masing-masing diterima oleh Bupati Grobogan Bambang Pudjiono, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, dan Bupati Minahasa Utara Sompie S.F Singal. Sedangkan tingkat Kota masing-masing diterima oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Walikota Balikpapan Rizal Effendi dan Walikota Metro Lukman Hakim.  

Penghargaan juga diberikan kepada kelompok masyarakat pelaku usaha yang bermitra dengan industri perkayuan. Yang mendapat penghargaan tahun ini adalah Asosiasi Petani Hutan Rakyat (APHR) Wonosobo Jateng, Koperasi Serba Usaha Sengon Agung Bersama Jombang Jawa Timur, Asosiasi Petani Hutan Rakyat (APHR) Purwo Lestari Purworejo Jateng.

Disamping itu penanaman juga berhasil dilakukan  di kawasan konservasi, tahun ini diterima pelaku usaha konservasi PT. Murindra Karya Lestari (Taman Wisata Alam Angke Kapuk Jakarta), PT. Adhiniaga Kreasinusa-Artha Graha Peduli (Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Lampung), dan PT. Trimbawan Swastama Sejati (TN Bali Barat).

Yang cukup besar juga partisipasinya dalam gerakan penanaman pohon ini adalah pergurun tinggi dan LSM serta perorangan yang concern dengan pelestarian alam dan lingkungan hidup. Penghargaan tahun ini diberikan kepada Universitas Diponegoro Jateng, Universitas Andalas Sumbar, dan WWF DKI Jakarta.

Sedangkan penghargaan perorangan diberikan kepada Tosca Santoso (Green Radio Jakarta), Sahabat Alam (Jakarta), Sudijono Sastroatmojo (Rektor UNS Jateng), TGH. Hasanai Juaini, LC (Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Haramain Narmada, NTB), Mayjen Lodewijk Fredrick Paulus (Pangdam I Bukit Barisan Sumut).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×