kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini panduan PBNU untuk salat jamaah masjid dan musala sambut new normal


Sabtu, 30 Mei 2020 / 13:44 WIB
Ini panduan PBNU untuk salat jamaah masjid dan musala sambut new normal
ILUSTRASI. Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj menyampaikan pidato kebudayaan di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Jakarta, Selasa (22/10/2019) malam. Pidato yang berjudul 'Islam, Ke-Indonesia-an, dan Kiblat Dunia' tersebut disampaikan o


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - Jakarta- Lembaga Takmir Masjid (LTM) Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) telah mengeluarkan surat edaran mengenai protokol panduann salat berjamaah dan salat jumat di masjid dan musala. Panduan ini berdamaan dengan persiapan pemerintah menyambut era new normal

Panduan ini sebagai langkah bagi masyarakat agar bisa beribadah bersama sesuai protokol kesehatan di era new normal menghadapi pandemi virus corona Covid-19.

Panduan new normal dari Lembaga Takmir Masjid PBNU ini ditandatangani oleh Ketua Mansyur Saerozy, Sekretaris LTM PBNU dan Ibnu Hazen, dengan sepengetahuan Ketua PBNU Bidang Dakwah dan Takmir Masjid Abdul Manan A. Ghani. Surat itu diteken tanggal 29 Mei 2020.

Pada surat panduan new normal itu LTM PBNU mengacu pada kebijakan Kementerian Agama RI dan seruan Ketua PBNU Bidang Dakwah dan Takmir Masjid.

Karena itulah Ketua Lembaga Takmir Masjid PBNU Mansyur Saerozy memberikan panduan salat Berjamaah dan salat Jumat di masjid dan musala saat new normal.

Ia mempersilakan umat Islam untuk melakukan aktivitas ibadah di masjid dan musala sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 di era new normal.

PERSIAPAN JAMAAH DARI RUMAH

  1. Pastikan fisik jamaah dalam kondisis sehat diusahakan selalu minum vitamin C, E dan Madu.
  2. Bila merasa ukurang sehat atau sakit sebaiknya di rumah saja, tidak usah ikut berjamaah.
  3. Membawa peralatan salat sajadah sendiri.
  4. Memakai masker penutup hidung dan mulut.
  5. Sebelum berwudu cuci tangan terlebih duludengan menggunakan sabun atau hand sanitizer.
  6. Transportasi menuju masjid diusahakan tidak naik angkutan umum yang berjubel, gunakan kendaraan pribadi atau jalan kaki mengikuti protokol kesehatan Covid-19
  7. Jamaah harus disiplin menjaga jarak atau shaf solat di masjid maupun musala..
  8. Jamaah dianjurkan membawa kantong plastik untuk membungkus sendal atau alas kaki agar bisa di bawa masuk. Tujuannya, ketika turun dari masjid atau muala tidak bersentuhan satu sama lain saat saling mencari sendal atau alas kaki. 

II SAAT JAMAAH TIBA DI MASJID ATAU MUSALA

  1. Pastikan area masjid atau musala di lokasi zona hijau.
  2. Jamaah menjalani sterilisasi melalui pintu masuk bilik steril sinar UV yang disediakan masjid atau musala.
  3. Tidak bersalaman dengan sesama jemaah guru imam atau khatib, baik sebelum maupun sesudah salat.
  4. Jamaah harus tetap disiplin menjaga jarak saat mengambil posisi saf salat atau beribadah.
  5. Selama di dalam masjid atau musala para jamaah harus tetap disiplin memakai masker dan penutup hidung dan mulut.

III UPAYA TAKMIR MASJID DAN MUSALA

  1. Masjid dan Musala mengusahakan dan menyiapkan bilik sterilisasi sinar UV atau hand sanitizer.
  2. Masjid dan musala tidak menggelar karpet lebih baik lantai terbuka sementara para jamaah dianjurka membawa sajadah masing-masing.
  3. Lantai masjid dan musala agar selalu di pel denga pembersih lantai dan disemprot disinfektan baik sebelum dan setelah salat.
  4. Petugas atau marbot masjid harus disiplin mengatur jarak jamaah baik yang masuk maupun ketika hendak keluar mencari sendal alas kaki agar tidak terjadi penumpukan dan berdempetan antar jamaah.
  5. Takmir masjid dan musala hendaknya berkoordinasi dengan instansi terkait seperti gugus tugas Covid-19 terdekat.
  6. Khatib salat jumat hendaknya memperpendek khutbah (Khutbah pertama 15 menit dan khutbah kedua 5 menit). Sementara imam salat dianjurkan membaca atau memilih surat Alquran yang pendek-pendek.
  7. Apabila ada jamaah yanng tiba-tiba sakit segera diisolasidi kamar khusus, bila diperlukan penanganan dokter segera menghubungi gugus tugas covid terdekat setelah adikonsultasikan denga pihak keluarga.
  8. Dalam kondisi darurat pandemi covid-19 seperti saat ini, hendaknya masjid sebagai induk dari musala-musala merekayasa memperbanuyak titik-titik salat jumat di musala-musala sekitarnya yang memenuhi syarat minimal 41 orang jamaah atau memadai. Tujuanya agartidak terjadi penumpukan jamaah di masjid induksetelah mendapat persetujuan dan kesepakatan para ulama ata ukyai dan ustaz setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×