kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.909.000   -24.000   -1,24%
  • USD/IDR 16.195   57,00   0,35%
  • IDX 7.898   -32,88   -0,41%
  • KOMPAS100 1.110   -7,94   -0,71%
  • LQ45 821   -5,85   -0,71%
  • ISSI 266   -0,63   -0,24%
  • IDX30 424   -3,04   -0,71%
  • IDXHIDIV20 487   -3,38   -0,69%
  • IDX80 123   -1,10   -0,89%
  • IDXV30 126   -1,56   -1,22%
  • IDXQ30 137   -1,32   -0,96%

Ini gambaran kepercayaan konsumen di Februari


Selasa, 03 Maret 2015 / 13:12 WIB
Ini gambaran kepercayaan konsumen di Februari
ILUSTRASI. Manfaat kolagen berperan dalam mengencangkan kulit, serta bermanfaat bagi elastisitas, dan hidrasi.


Reporter: Sanny Cicilia | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Masyarakat di bulan Februari lalu merasa cukup yakin dengan kondisi ekonomi saat itu. Namun, optimisme tersebut lebih kecil ketika memandang ekonomi ke depan. 

Danareksa Research Institute mencatat, Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) bulan Februari 2015 berada di level 97,7, tak bergerak dari indeks Januari.

Salah satu komponen IKK, yaitu Indeks Situasi Sekarang menunjukkan kenaikan 3,3%. Di sisi lain, Indeks Ekspektasi malah turun 1,7%. 

"Penurunan itu menunjukkan optimisme masyarakat terhadap prospek ekonomi dan ketersediaan lapangan kerja dalam enam bulan mendatang semakin menurun," tulis DRI yang dipimpin Purbaya Yudhi Sadewa pada rilis resminya, Selasa (3/3).

Pada bulan lalu, responden juga sempat khawatir dengan kenaikan harga pangan, terutama harga beras yang naik tajam. Tapi, secara keseluruhan, mereka yakin tekanan inflasi akan lebih ringan dalam 6 bulan mendatang. "Ada ekspektasi penurunan harga pangan karena jumlah pasokan yang akan meningkat seiring dimulainya musim panen raya pada Maret 2015," tulis DRI.

Masyarakat masih memiliki kepercayaan pada pemerintah yang sedang melaksanakan tugas-tugasnya. Namun, kepercayaan mereka turun di bulan Februari lalu. Komponen yang mengalami penurunan adalah komponen yang menunjukkan kemampuan pemerintah dalam menegakkan hukum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mengelola Tim Penjualan Multigenerasi (Boomers to Gen Z) Procurement Strategies for Competitive Advantage (PSCA)

[X]
×