kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini dia 10 perguruan tinggi terbaik yang lulusannya cepat mendapat kerja


Jumat, 21 Agustus 2020 / 12:21 WIB
Ini dia 10 perguruan tinggi terbaik yang lulusannya cepat mendapat kerja
Gedung rektorat Institut Pertanian Bogor.


Reporter: Markus Sumartomdjon | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) baru saja mengumumkan peringkat perguruan tinggi terbaik tahun 2020. Sistem yang dipakai adalah klasterisasi. Ada lima klaster yang Kemdikbud buat, dan dari lima klaster tersebut, perguruan tinggi yang masuk klaster 1 adalah yang mempunyai skor penilaian terbaik. Artinya, perguruan tinggi tersebut merupakan perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Ada 15 perguruan tinggi terbaik yang masuk klasterisasi 1 dan semuanya adalah perguruan tinggi negeri (PTN).  Urutan pertama adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), urutan kedua Universitas Indonesia (UI) dan ketiga adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Untuk lebih lengkapnya urutan 15 perguruan tinggi terbaik, lihat tautan berita di bawah ini.

Baca Juga: Kemdikbud rilis 15 perguruan tinggi terbaik Indonesia 2020, siapa saja?

Nah, dalam menentukan skor penilaian perguruan tinggi tersebut, Kemdikbud membuat empat bagian pembobotan. Pertama, indikator input dengan bobot 20%, lantas indikator proses dengan bobot lebih tinggi yakni 25%, kemudian indikator ketiga ada output dengan bobot 25%, dan indikator terakhir dengan bobot tertinggi yakni 30% adalah outcome.

Kalau dilihat, indikator outcome yang menjadi basis penilaian ada beberapa item. Mulai dari kinerja inovasi, jumlah lulusan  yang dapat pekerjaan dalam waktu enam bulan, jumlah sitasi per dosen, jumlah paten per dosen, dan kinerja pengabdian masyarakat.

Baca Juga: Klaster pendidikan RUU Cipta Kerja bisa memacu polemik

Nah, dalam salah item adalah prosentase jumlah lulusan yang dapat pekerjaan dalam waktu enam bulan. Artinya, saat si mahasiswa lulus dari perguruan tinggi, dan dalam waktu enam bulan sudah mendapat pekerjaan.

Memang salah satu alasan seorang calon mahasiswa memilih perguruan tinggi adalah bisa lekas mendapat pekerjaan. Dan ini juga menjadi alasan utama bagi banyak calon mahasiswa.

Rupanya, Kemdikbud juga membuat daftar peringkat perguruan tinggi terbaik untuk indikator outcome. Jadi bisa jadi, selain si perguruan tinggi rajin membuat inovasi, dosen yang kerap mematenkan hasil karyanya, dan punya program pengabdian ke masyarakat, si perguruan tinggi tersebut juga sanggup membuat lulusannya cepat mendapat pekerjaan dalam waktu enam bulan.

Dalam klasterisasi perguruan tinggi 2020, Kemdikbud merilis ada 10 perguruan tinggi dengan indikator outcome yang terbaik. Dari 10 perguruan tinggi tersebut, sebagian besar merupakan perguruan tinggi negeri (PTN). Dan lagi-lagi IPB menjadi kampium di kategori ini, diikuti oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia.

Untuk lebih jelasnya berikut daftar 10 perguruan tinggi dengan indikator outcome terbaik, dan salah satunya adalah menghasilkan lulusan yang cepat mendapat pekerjaan.

Perguruan Tinggi Skor
Institut Pertanian Bogor 3.427
Institut Teknologi Bandung 3.055
Universitas Indonesia 3.049
Universitas Gadjah Mada 3.022
Universitas Airlangga 2.934
Universitas Diponegoro 2.888
Institut Teknologi Sepuluh Nopember 2.855
Universitas Brawijaya 2.836
Universitas Telkom 2.798
Universitas Sebelas Maret 2.650

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×