kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemdikbud rilis 15 perguruan tinggi terbaik Indonesia 2020, siapa saja?


Senin, 17 Agustus 2020 / 22:53 WIB
Kemdikbud rilis 15 perguruan tinggi terbaik Indonesia 2020, siapa saja?
ILUSTRASI. IPB Investment Summit


Reporter: Markus Sumartomdjon | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) baru saja merilis peringkat perguruan tinggi (PT) terbaik di Indonesia untuk tahun 2020. Berbeda dengan peringkat perguruan tinggi lainnya, sistem peringkat kampus di Indonesia ini berdasarkan klasterisasi.

Dari lima klaster, jenjang klaster 1 adalah yang paling tinggi. Disitu berkumpul perguruan tinggi unggulan yang selama ini menjadi langganan masuk dalam pemeringkatan perguruan tinggi terbaik. Tak cuma di Indonesia saja, tapi juga di Asia hingga dunia. 

Khusus untuk klaster 1, tedapat 15 perguruan tinggi yang masuk kasta tertinggi tersebut. Kalau dilihat dari daftarnya, semuanya adalah perguruan tinggi negeri (PTN). Adapun sistem penilaian atau pembobotan untuk menentukan siapa dari 15 PT tersebut menempati posisi terbaik, berdasarkan pada empat indikator.

Baca Juga: UI dan ITB masuk 1.000 besar perguruan tinggi terbaik dunia versi Webometrics, loh!

Pertama indikator input dengan bobot 20% yang meliputi jumlah dosen bergelar doktor, dosen yang merangkap jabatan lektor dan bergelar guru besar, rasio mahasiswa dan dosen serta lainnyaa. Kemudian indikator proses dengan bobot 25% meliputi  nilai akreditasi dari BAN-PT, akreditasi program studi, pembelajaran daring, kerjasama PT, dan lainnya.

Baca Juga: Malang Raya sudah siap menuju kehidupan kenormalan baru

Berikutnya ada indikator output dengan bobot 25% yakni berupa jumlah artikel ilmiah per dosen, kinerja penelitian, kinerja mahasiswa dan lainnya. Dan indikator terakhir adalah outcome yang punya bobot terbesar yakni 30% yang meliputi kinerja inovasi, jumlah lulusan  yang dapat pekerjaan dalam waktu enam bulan, jumlah sitasi per dosen, jumlah paten per dosen, dan kinerja pengabdian masyarakat.

Nah, dari keempat indikator tersebut ternyata Institut Pertanian Bogor menempati peringkat pertama untuk indikator proses, output dan outcome. Sedangkan untuk indikator input, IPB menempati posisi runner up dan sebagai jawara adalah Universitas Hasanuddin. Hasilnya, IPB menempati posisi pertama di dalam klaster 1 perguruan tinggi di Indonesia dengan skor 3.648.

Posisi kedua ditempati oleh Universitas Indonesia dengan skor yang cukup jauh dari IPB yakni 3.414. Indikator UI tercatat berada di posisi terbaik pada ouput di posisi kedua, outcome ketiga. Adapun posisi ketiga ditempati Universitas Gadjah Mada dengan skor total 3.315.

Lantas, siapa-siapa saja 15 PT yang masuk daftar klaster 1 di Indonesia? Berikut daftarnya:




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×