kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Besaran Bansos Telur dan Daging Ayam yang Segera Disalurkan


Sabtu, 08 April 2023 / 21:36 WIB
Ini Besaran Bansos Telur dan Daging Ayam yang Segera Disalurkan
ILUSTRASI. Pemerintah akan menyalurkan bantuan sosial (Bansos) pangan telur dan daging ayam pada April 2023.


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengungkapkan, pemerintah akan menyalurkan bantuan sosial (Bansos) pangan telur dan daging ayam pada April 2023.

"Beras ini sudah kita salurkan, untuk telur itu untuk keluarga risiko stunting kita berharapnya minggu kedua atau minggu ketiga ini kita bisa jalankan," ujar dia, Kamis (6/4). Menurut dia, data penerima bansos telur dan daging ayam berbeda dengan penerima bansos beras. 

Dia menjelaskan, bansos telur dan ayam diberikan kepada masyarakat yang terdata di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Sementara penerima bansos beras menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial.

"Ini nanti penerimanya itu datanya dari BKKBN karena program untuk pengentasan stunting itu juga kita harapkan," kata Arief.

Adapun untuk jumlahnya, seorang penerima manfaat akan mendapatkan masing-masing 1 pak telur berisi 10 butir dan 1 kilogram daging ayam.

"Ini yang sekarang kita kerjakan membuat regulasi, jadi kalau pemerintah mengerjakan sesuatu kan membuat regulasinya dulu, kemudian ada eksekusinya. Yah memang harus kita siapkan tapi kita usahakan dalam minggu kedua ketiga April ini berjalan," kata dia.

Baca Juga: Bulog Baru Serap 15.000 Ton Beras dari Penggilingan Padi, Apa Kendalanya?

Bansos beras

Sebelumnya pemerintah melalui Perum Bulog menyalurkan bantuan sosial (bansos) beras sebesar 10 kilogram per masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM) mulai Maret 2023. Arief mengatakan, penugasan penyaluran bantuan pangan tahun 2023 ini dipercayakan kepada Bulog.

Hal ini karena Bulog dinilai mampu dan berhasil menjalankan program-program pemerintah sebelumnya terlebih lagi Bulog saat ini sudah bertransformasi menghasilkan produk-produk yang lebih berkualitas.

"Penugasan Bantuan Pangan dari Presiden ini diharapkan dapat segera dirasakan manfaatnya oleh Keluarga Penerima Manfaat. Selain itu pendistribusian bantuan ini juga diharapkan dapat mengendalikan dampak inflasi untuk menjaga stabilitas harga pangan di tingkat produsen dan konsumen," kata Arief.

Sementara itu Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, pada pelepasan program Bantuan Pangan ini Bulog menyediakan beras untuk alokasi 3 bulan penyaluran yang dilaksanakan sejak bulan Maret 2023.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Bansos Telur dan Daging Ayam Segera Disalurkan, Ini Jumlah yang Bakal Diterima.

Penulis: Elsa Catriana
Editor: Erlangga Djumena

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×