kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45962,61   -5,55   -0.57%
  • EMAS1.078.000 -0,09%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Siap-siap! Bansos Telur dan Ayam akan Disalurkan Minggu Ketiga April


Kamis, 06 April 2023 / 12:37 WIB
Siap-siap! Bansos Telur dan Ayam akan Disalurkan Minggu Ketiga April
ILUSTRASI. Bansos telur dan ayam akan disalurkan paling lambat pada minggu ketiga April 2023. KONTAN/Fransiskus SImbolon


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah tengah menyiapkan regulasi untuk penyaluran bantuan sosial (Bansos) telur dan ayam pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menuturkan, bansos telur dan ayam akan disalurkan paling lambat pada minggu ketiga April 2023.

"Kami usahakan dalam minggu kedua ketiga April ini bisa jalan. Sebelum lebaran kami akan mulai," kata Arief pada awak media, Kamis (6/4). 

Nantinya keluarga penerima manfaat akan mendapatkan 1 kilogram (kg) telur dan 1 kg ayam. Namun demikian menurut Arief terkait jumlah pastinya masih bisa berubah kerena belum diputuskan. 

Baca Juga: Mulai Hari Ini (6/4), Bulog Salurkan Beras Bansos Serentak ke Seluruh Indonesia

Selanjutnya, terkait penerima bansos telur dan ayam akan berbeda dengan penerima Bansos beras. Bansos telur dan ayam akan disalurkan hanya kepada 1,4 juta KPM. Sedangkan, data penerimanya akan mengacu pada data milik Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). 

"Datanya dari BKKBN karena programnya untuk menekan stunting. Penyaluranya juga diharapkan tiga kali selama tiga bulan," tutur Arief. 

Sebelumnya, pemerintah telah terlebih dahulu menyalurkan bansos beras kepada 21,3 juta KPM. Adapun masing-masing KPM akan menerima sebanyak 10 kg per alokasi selama 3 alokasi yaitu Maret, April dan Mei 2023. 

Dalam penyalurannya, Bulog akan dibantu oleh tiga transporter yang ditunjuk yaitu PT Pos Indonesia, PT JPLB, dan PT DNR untuk mendistribusikan beras bantuan pangan sesuai dengan penunjukan wilayah kerja masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Commitment-Based Performance Performance Based Budgeting

[X]
×