kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Indonesia-UEA sepakati 11 kerjasama bisnis dengan nilai hingga Rp 314,9 triliun


Senin, 13 Januari 2020 / 20:45 WIB
Indonesia-UEA sepakati 11 kerjasama bisnis dengan nilai hingga Rp 314,9 triliun
ILUSTRASI. Presiden Jokowi disambut langsung oleh Pangeran Sheikh Mohammed Bin Zayed saat tiba di di Istana Qasr Al Watan, Abu Dhabi, UEA, Minggu (12/1) petang waktu setempat.

Reporter: Abdul Basith | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) menyepakati 16 perjanjian kerjasama. Lima perjanjian kerja sama di bidang keagamaan, pendidikan, pertanian, kesehatan, dan penanggulangan terorisme.

Selain itu, terdapat pula 11 perjanjian bisnis. Antara lain di bidang energi, migas, petrokimia, pelabuhan, telekomunikasi, dan riset. Estimasi total nilai investasi sebesar US$ 22,89 miliar atau sekitar Rp 314,9 triliun.

Baca Juga: Jokowi tawarkan putra mahkota UEA menjadi dewan pengarah ibu kota baru

"Saya sangat sambut baik, hari ini 16 perjanjian kerja sama dapat dilakukan," ujar Presiden Joko Widodo dalam siaran pers, Senin (13/1).

Nilai kesepakatan tersebut merupakan perjanjian terbesar yang pernah dilakukan. Hal itu juga diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

"Seperti yang disampaikan Presiden, ini adalah deal terbesar mungkin dalam sejarah Indonesia yang disepakati," terang Luhut.

Perjanjian tersebut pun disebut dilakukan dalam waktu yang cukup singkat. Lubut bilang, perjanjian hanya dibahas selama enam bulan.

Kerja sama tersebut membuat berubah kiblat Indonesia ke depan. Tidak hanya negara barat, negara timur pun juga menjadi penting bagi investasi Indonesia.

Baca Juga: Temui pengusaha di Abu Dhabi, pemerintah bahas peningkatan perdagangan dan investasi

"Selama ini menurutnya kita hanya melihat ke barat, inilah saatnya kita melihat dan bekerja sama dengan timur," jelas Luhut.




TERBARU

Close [X]
×