kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indonesia Menghentikan Sementara Kebijakan Babas Visa Kunjungan dari 159 Negara


Sabtu, 17 Juni 2023 / 03:39 WIB
Indonesia Menghentikan Sementara Kebijakan Babas Visa Kunjungan dari 159 Negara
ILUSTRASI. Wisatawan mancanegara mengunjungi kawasan Pura Besakih di Karangasem, Bali, Senin (6/3/2023). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.


Reporter: kompas.com | Editor: Syamsul Azhar

Pendatang dari 159 negara tidak lagi bebas visa saat masuk wilayah Indonesia - Masuk Indonesia Bebas Visa Dihentikan Sementara - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly memberhentikan sementara bebas visa kunjungan (BVK) 159 negara untuk masuk ke Indonesia. 

Kebijakan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M.HH-GR.01.07 tahun 2023 yang disahkan pada tanggal 7 Juni 2023. 

Subkoordinator Humas Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Achmad Nur Saleh mengatakan, dalam surat Keputusan Menteri itu disebutkan bahwa pemberhentian bebas visa kunjungan bisa karena persoalan gangguan ketertiban umum. 

Baca Juga: Mewujudkan Destinasi Kelas Dunia

Selain itu, bisa dikarenakan penyebaran penyakit dari negara yang belum dinyatakan bebas penyakit tertentu dari World Health Organization (WHO). 

Dua persoalan tersebut menjadi sebagian alasan Kemenkumham mengatur ulang negara yang bisa mendampatkan bebas visa kunjungan. 

“Atas dasar pertimbangan tersebut Keputusan Menteri ini ditetapkan,” ujar Achmad dalam keterangan resminya, Jumat (16/6/2023). 

Sebelum aturan ini dibuat, Achmad mengatakan, terdapat 169 negara yang masuk dalam kebijakan bebas visa kunjungan. 

Hal itu diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 21 tahun 2016 sebagai penerima Bebas Visa Kunjungan bersama 10 negara ASEAN. 

Achmad mengatakan, saat ini hanya ada 10 negara yang masuk dalam bebas visa kunjungan. Seluruhnya merupakan negara anggota ASEAN yakni, Singapura, Malaysia, Laos, Kamboja, Filipina, Brunei Darussalam, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam. 

Namun, Achmad mengingatkan bahwa Bebas Visa Kunjungan itu berlaku selama 30 hari dan tidak tidak bisa diperpanjang. 

Syaratnya adalah menunjukkan petugas paspor yang masih berlaku setidaknya enam bulan berikut tiket meninggalkan Indonesia. 

Jika yang ingin tinggal lebih lama di Indonesia, pihak yang bersangkutan bisa memilih izin tinggal keimigrasian. “Seperti e-VOA (Electronic Visa on Arrival), Visa Kunjungan atau Visa Tinggal Terbatas,” kata Achmad.
 
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menkumham Hentikan Sementara Bebas Visa Kunjungan untuk 159 Negara", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2023/06/16/19052071/menkumham-hentikan-sementara-bebas-visa-kunjungan-untuk-159-negara.Penulis : Syakirun Ni'am

Editor : Novianti Setuningsih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×