kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,74   -2,58   -0.26%
  • EMAS981.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Indonesia mengangkat non-dokter jadi menkes, ini terjadi di negara lain


Selasa, 22 Desember 2020 / 17:46 WIB
Indonesia mengangkat non-dokter jadi menkes, ini terjadi di negara lain
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo mengumumkan Budi Gunadi Sadikin (kiri) sebagai Menteri Kesehatan saat perombakan kabinet di Istana Merdeka, Selasa, 22 Desember 2020.

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo menunjuk Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. Sebelumnya Budi menjabat sejumlah jabatan di Badan Usaha Milik Negara. Mulai dari Direktur Utama Bank Mandiri (Persero) Tbk, Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inlaum), dan terakhir menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN I.

"Bapak Budi Gunadi Sadikin, beliau sebelumnya adalah Direktur Utama Bank Mandiri, kemudian menjadi Direktur Utama PT Asahan Aluminium, dan terakhri menjadi Wakil Menteri BUMN. Sekarang kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan," ujar Jokowi saat mengenalkan menteri baru dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Selasa (22/12).

Budi sebelumnya tidak memiliki latar belakang di dunia medis. Meski begitu, dalam jabatannya menjadi Wamen BUMN I dia bertanggung jawab atas BUMN kesehatan dan farmasi.

Baca Juga: Profil Sandiaga Uno, dari pengusaha sampai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Selama pandemi Covid-19, ia juga mendapatkan tugas sebagai Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Selain Indonesia, ada pula negara yang mengangkat Menteri Kesehatan tanpa latar belakang pendidikan medis.

Menteri Kesehatan Singapura Gan Kim Yong merupakan lulusan teknik mesin. Selain itu ada pula Menteri Kesehatan Selandia Baru Andrew James Little yang berlatar belakang hukum dan kebijakan publik.

Selain itu masih ada banyak negara lain yang memiliki Menteri Kesehatan berlatar belakang medis. Antara lain Jerman, Jepang, Denmark, Belanda, Australia, Arab Saudi, Kanada, Thailand, dan Inggris.

Baca Juga: Muhammad Lutfi: Di era SBY jadi Menteri Perdagangan hasil reshuffle, kini pun sama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×