kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IMF Pertahankan Perkiraan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2023


Rabu, 11 Oktober 2023 / 11:09 WIB
IMF Pertahankan Perkiraan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2023
ILUSTRASI. IMF meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini sebesar 5,0%.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dana Moneter Internasional atawa International Monetary Fund (IMF) mempertahankan perkiraan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2023. Dalam laporan World Economic Outlook edisi Oktober 2023, lembaga tersebut meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini sebesar 5,0%. 

Di tengah, prospek inflasi yang diyakini berada di kisaran 3,6% YoY, atau tetap dalam kisaran sasaran Bank Indonesia (BI) yang sebesar 2% hingga 4%. 

IMF melihat, dampak dari guncangan ketidakpastian global yang salah satunya datang dari kebijakan moneter Amerika Serikat (AS), memiliki dampak yang lebih terukur pada negara berkembang. 

Ini seiring dengan tingkat inflasi negara berkembang, termasuk Indonesia, yang lebih teregulasi. Juga, komponen harga komoditas dalam perhitungan inflasi inti tidaklah terlalu besar. 

Baca Juga: Hati-hati, Daya Beli Masyarakat Berpotensi Melemah di Sisa Kuartal IV 2023

Hal tersebut juga yang membuat IMF berpikir, kebijakan moneter Indonesia akan sejalan dengan inflasi yang tetap landai meski banyak bank sentral negara lain yang masih menerapkan kebijakan moneter agresif. 

Selain itu, IMF meyakini kebijakan fiskal Indonesia akan tetap stabil dengan ruang fiskal yang memadai, disertai dengan kebijakan pajak yang moderat dan reformasi struktural, realisasi belanja yang berjalan, juga peningkatan belanja modal secara bertahap dalam jangka menengah. 

Sedangkan untuk tahun 2024, IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan stabil di level 5%. Laju inflasi diprediksi melandai di kisaran 2,5% YoY, yang juga masih berada dalam kisaran sasaran BI yang sebesar 2,5% YoY plus minus 1%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×