CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Imbas virus corona, kru bus AKAP bakal terima BLT


Kamis, 02 April 2020 / 09:02 WIB
Imbas virus corona, kru bus AKAP bakal terima BLT
ILUSTRASI. Ilustrasi bus AKAP


Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Debat panjang soal penghentian sementara bus Antarkota Antar Provinsi (AKAP) di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, akhirnya menemui titik terang. 

Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) Kurnia Lesani Adnan mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menyiapkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada Perusahaan Otobus (PO) yang terdampak. 

"Pemerintah sudah mulai minta data pekerja yang terkait, dalam hal ini pengemudi dan kru bus yang tujuannya untuk BLT," ujar pria yang akrab disapa Sani saat dihubungi Kompas.com, Rabu (1/4). 

Baca Juga: Kemenko Marves: Tidak ada penyetopan transportasi, surat BPTJ bersifat rekomendasi

"Meski teknisnya belum ditentukan, tapi setidaknya ini jadi angin segar karena sudah merespon permintaan kami," kata dia.

Menurut Sani, sejak pekan lalu Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Organda memang sudah melakukan inisiatif mengumpulkan data kru dari PO dengan tujuan tersebut. Sebagai besar sudah mulai masuk, dan sebagian lagi masih berproses. 

Sementara ketika ditanya soal besaran BLT yang akan diberikan, Sani mengatakan nominalnya belum diketahui karena memang turunan teknisnya belum ditentukan. 

"Kami belum tahu, tapi sebenarnya paling tidak dari BLT nantinya bisa untuk menyambung kehidupan, terutama bagi keluarga kru yang ada di rumah bisa memenuhi kebutuhan dasar lebih dulu," kata Sani.

Baca Juga: Kemenhub rekomendasikan pembatasan moda transportasi di Jabodetabek

Ketika ditanya informasi apakah pemerintah akan benar-benar menghentikan sementara operasional bus AKAP nantinya, Sani juga belum bisa berkomentar karena sampai saat ini statusnya masih menunggu keputusan. 

"Untuk Lebaran nanti seperti apa, kami belum tahu, tapi saat ini kami masih berjalan seperti biasa. Terkait dengan adanya Peraturan Pemerintah (PP) soal mudik yang sedang disusun, harusnya hal tersebut sudah dilakukan dari awal," pungkas Sani. (Stanly Ravel)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Imbas Virus Corona, Kru Bus AKAP Bakal Terima BLT "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×