kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ikut Expo 2021 Dubai, Mendag Lutfi yakin investor akan lirik potensi besar Indonesia


Sabtu, 02 Oktober 2021 / 15:20 WIB
Ikut Expo 2021 Dubai, Mendag Lutfi yakin investor akan lirik potensi besar Indonesia


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pameran perdagangan Expo  2020  Dubai  di  Uni  Emirat  Arab  secara  resmi  dibuka  secara spektakuler. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi optimistis paviliun Indonesia pada Expo 2020  Dubai  akan  membuat  pengunjung  dari  berbagai  negara  di  dunia  terkesima  dan  mengakui potensi sangat besar Indonesia.

Dengan mengangkat tema “Creating the Future, From Indonesia to the World” Paviliun Indonesia siap menyambut para buyers dan investor dari seluruh dunia.

Hal itu disampaikan Mendag Lutfi saat membuka Paviliun Indonesia secara resmi bersama Minister of State for Foreign Trade Uni Arab Emirates (UAE) Thani bin Ahmed Al Zeyoudidi Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), hari Jumat (1/10). Turut mendampingi Duta Besar untuk Uni Emirat Arab (UEA) Husin Bagis.

Pembukaan Paviliun Indonesia dimeriahkan pertunjukan seni budaya, tari-tarian, dan lagu-lagu yang mewakili beragam daerah di Indonesia. Gelaran ini sekaligus  mempromosikan pesona budaya Indonesia untuk menarik  para  pengunjung.  Paviliun  Indonesia  menempati lahan seluas 1.860 m2 dan luas bangunan sekitar 3.000 m2. Paviliun Indonesia terdiri dari tiga lantai dan terletak di zona Opportunity District dengan konsep Indonesia Emas 2045.

Baca Juga: Kemendag targetkan transaksi Trade Expo Indonesia tahun 2021 mencapai US$ 1,5 Miliar

Paviliun Indonesia yang menampilkan tiga zona waktu “Yesterday, Today, and Tomorrow” akan membuka  mata  dunia  untuk  melihat  kekuatan  masa  lalu,  sekarang,  dan  masa  depan  Indonesia sebagai  kekuatan global. 

"Izinkan  kami  menyambut  semua  orang  dari  berbagai  penjuru  dunia  di Paviliun Indonesia. Kami berharap, dunia akan menyaksikan dan mengakui kepulauan kita sebagai peluang untuk berdagang, berinvestasi, dan berkunjung,” kata Lutfi dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/10).

Lutfi mengatakan, Paviliun Indonesia dibangun atas dasar konsep “Unity in Diversity”. Paviliun  Indonesia  dibungkus  dengan  tambal  sulam  berbagai  kerajinan  tekstil  tradisional  batik Indonesia.  Di  dalamnya,  Paviliun  Indonesia  memberikan  pengalaman  perjalanan  interaktif  masa lalu, sekarang, dan masa depan. Lebih dari 300 produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) akan ditampilkan sebagai salah satu bentuk dukungan pemerintah kepada 64 juta UMKM Indonesia untuk go global.

Paviliun Indonesia menampilkan para kapten industri dan para juara ekonomi digital.  Selanjutnya,  akan  dilakukan  presentasi  dengan  meluncurkan  kampanye  gastrodiplomatic, yaitu kampanyemembumbui dunia yang akan dilaksanakan akhir tahun ini.

“Selama   periode   pameran,   kami   juga   akan   menyelenggarakan   serangkaian   program   untuk menyajikan  kekayaan  negara  kami.  Sejumlah  26  tema  mingguan  dan  lebih  dari  75  forum  bisnis dalam format hibrida siap diselenggarakan. Kegiatan tersebut juga didukung oleh 22 kementerian dan lembaga, 8 pemerintah provinsi, dan mitra-mitra perusahaan kami,” kata Lutfi.

Menurut Lutfi, keikutsertaan Indonesia pada Expo 2020 Dubai ini juga akan membuat dunia mengakui komitmen  kita  dalam  turut  mengambil  bagian  terkait  isu-isu  global.  Selain  itu,  juga menegaskan kembali komitmen kita untuk bekerja mewujudkan kesejahteraan planet kita dengan fokus pada pembangunan berkelanjutan dan mitigasi perubahan iklim.

Selain itu, pameran  bertaraf  dunia  menandai  adanya  zaman  baru  dalam masyarakat global kita. Hal tersebut bertujuan menciptakan masa depan dunia yang baru. Indonesia merasa terhormat menjadi bagian dari perjalanan sejarah ini.Pada  kesempatan  tersebut,  Mendag  Lutfi  juga  menyampaikan  apresiasinya  kepada  semua  pihak yang berkontribusi dalam perjalanan besar ini.

Selanjutnya: Kemendag dan Kadin Indonesia tambah pasokan kontainer, ekspor bisa kian melejit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×