kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45793,17   3,27   0.41%
  • EMAS1.048.000 1,85%
  • RD.SAHAM 0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Idul Adha saat pandemi Covid-19, Baznas akan gelar kurban secara online


Senin, 29 Juni 2020 / 12:03 WIB
Idul Adha saat pandemi Covid-19, Baznas akan gelar kurban secara online
ILUSTRASI. Penyembelihan hewan kurban. REUTERS/Willy Kurniawan

Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jelang Hari Raya Idul Adha di tengah pandemi Covid-19, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) akan menggelar kurban secara online atau daring. Dalam mempersiapkan pelaksanaannya, Baznas menggelar pelatihan bagi para mitra pelaksana pada Senin (29/6/2020) secara daring. 

"Kondisi Indonesia yang saat ini masih terpapar pandemi Covid-19, menuntut adanya persiapan dan koordinasi matang serta eksekusi tepat agar penyaluran kurban ini dapat memenuhi protokol Covid-19 dan tidak melanggar syariah," ujar Anggota BAZNAS Nana Mintarti, dikutip dari siaran pers, Senin (29/6/2020). 

Baca Juga: Jokowi minta integrasi dalam penanganan Covid-19

Ia mengatakan, pandemi Covid-19 membuat Baznas tetap mengutamakan keselamatan masyarakat, termasuk dalam proses tata laksana ibadah kurban nantinya. Ia pun berharap Baznas dapat melayani ibadah kurban bagi para pekurban yang sesuai syariah, standar kesehatan dan kesejahteraan hewan, dan protokol pencegahan Covid-19 yang diatur pemerintah. 

Sementara itu, Kepala Program Pemberdayaan Peternak Mustahik Baznas, Ajat Sudarjat mengatakan, pelatihan tersebut juga sebagai upaya dalam menyamakan persepsi dengan para mitra mengenai konsep pelaksanaan ibadah kurban 2020. 

Hal tersebut tak terlepas dari kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda Tanah Air. "Karena beberapa mitra baru bergabung, perlu adanya pematangan teknis lebih lanjut terkait pelaksanaan kurban mulai dari penyepakatan akad, pembagian kuota ternak yang disalurkan, teknis pelaksanaan, dokumentasi sampai pelaporan kegiatan," ujar Ajat. 

Baca Juga: Hingga Senin (29/6), sebanyak 1.104 WNI di luar negeri positif Covid-19

Adapun pelatihan tersebut diikuti oleh tim Baznas Pusat, 63 mitra pelaksana kurban dari 24 provinsi dan 51 kabupaten/kota, Baznas provinsi, Baznas kabupaten/kota, serta DKM masjid dan masyarakat sekitar lokasi mitra pelaksana kurban.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pandemi Covid-19 Jelang Idul Adha, Baznas Gelar Akan Kurban Online"

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×