kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hujan lebat masih akan guyur Indonesia dua hari ke depan, ini wilayahnya


Senin, 20 April 2020 / 17:32 WIB
Hujan lebat masih akan guyur Indonesia dua hari ke depan, ini wilayahnya
ILUSTRASI. Awan hitam menyelimuti langit Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (21/1/2020).


Reporter: kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa wilayah di Indonesia masih berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir. Kondisi cuaca ini bisa berlangsung hingga dua hari mendatang, 21-22 April 2020.

Prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tersebut berdasarkan adanya intrusi udara kering dari Belahan Bumi Utara (BBU) yang melintasi wilayah Samudera Pasifik Utara Papua.

"Keadaan ini menyebabkan daerah di depan muka intrusi kondisi udara menjadi lebih lembap," kata Dr Widada Sulistya DEA selaku Pelaksana Tugas Deputi Bidang Meteorologi.

Massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar wilayah Indonesia kecuali Aceh, Sumatra Utara, Riau, Kep. Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Maluku Utara, dan Maluku.

Baca Juga: BMKG: Hujan hari ini masih berpeluang turun di Jabodetabek

Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang hingga kuat terdapat di 17 provinsi di Indonesia.

"Terdapat daerah tekanan rendah di Samudera Hindia Barat Daya Sumatera serta sirkulasi siklonik di Samudra Hindia Selatan Jawa Timur. Konvergensi memanjang dari Sumatera barat hingga Bengkulu, di Laut Timor," ujar Widada.

Daerah belokan angin terdapat di Sumatra Bagian Tengah, Kalimantan, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, dan Samudra Pasifik Utara Papua. Low Level Jet dengan kecepatan angin mencapai lebih dari 25 knot di Samudra Hindia Barat Sumatera dan Samudra Pasifik Timur Filipina.

Berdasarkan kondisi cuaca yang telah BMKG analisis tersebut, berikut wilayah yang berpeluang terjadi hujan lebat dan hujan lebat disertai angin kencang:

Baca Juga: Fenomena cacing bermunculan tanda-tanda gempa bumi, ini penjelasan para ahli




TERBARU

[X]
×