kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,67   -0,77   -0.08%
  • EMAS937.000 0,21%
  • RD.SAHAM 0.83%
  • RD.CAMPURAN 0.50%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Hingga 2020, pemerintah telah bangun 2.127 BLK komunitas


Rabu, 10 Februari 2021 / 19:15 WIB
Hingga 2020, pemerintah telah bangun 2.127 BLK komunitas
ILUSTRASI. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah

Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, pada tahun 2020, Kementerian Ketenagakerjaan telah membangun 1.014 balai latihan kerja (BLK) komunitas. Secara akumulasi BLK komunitas yang telah dibangun mencapai lebih dari 2.100 BLK komunitas.

“Total BLK komunitas yang telah kami bangun sampai tahun 2020 adalah 2.127 BLK komunitas di seluruh Indonesia,” kata Ida dalam konferensi pers virtual, Rabu (10/2).

Ida mengatakan, pihaknya akan mengubah secara total BLK sebagai balai pelatihan vokasi yang menjadi pusat pengembangan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja yang berdaya saing di tingkat nasional dan internasional. Oleh karena itu, sejumlah program dilakukan diantaranya, dengan reformasi kelembagaan untuk meningkatkan kinerja BLK komunitas.

Baca Juga: Alasan Kemenkeu tidak melanjutkan bantuan subsidi upah

Kemudian, revitalisasi sarana dan prasarana untuk meningkatkan kapasitas, fasilitas dan keterjangkauan BLK. Redesain pelatihan untuk merespons tantangan ketenagakerjaan. Membangun relationship untuk meningkatkan kemitraan dan kolaborasi dengan stakeholder terkait. Serta rebranding untuk meningkatkan kepercayaan terhadap BLK kommunitas.

Lebih lanjut Ida mengatakan, selama tahun 2020 Kemnaker telah meningkatkan kompetensi sebanyak 901.177 orang. Yakni melalui pelatihan vokasi, pemagangan di industri, pelatihan produktivitas, dan sertifikasi kompetensi. “Persoalannya sekarang link and match yang harus terus terjaga,” tutur Ida.

Selanjutnya: Wamendag sebut Indonesia akan maksimalkan manfaat perdagangan jasa di ASEAN

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
(VIRTUAL) NEGOTIATION FOR EVERYONE Batch 2 Panduan cepat Strategi Pemasaran Berbasis KPI

[X]
×