kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hindari Puncak Arus Mudik, Kemenhub Imbau Pemudik Atur Waktu Perjalanan


Senin, 17 April 2023 / 11:11 WIB
Hindari Puncak Arus Mudik, Kemenhub Imbau Pemudik Atur Waktu Perjalanan
ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan antre memasuki pintu gerbang Palimanan 3 tol Cipali di Cirebon, Jawa Barat, Minggu (16/4/2023).


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berharap masyarakat dapat mengatur waktu mudik. Imbauan ini ditujukan agar pemudik tidak menumpuk di masa puncak arus mudik yaitu pada H-4 hingga H-1 atau tanggal 18 April hingga 22 April 2023.

Kepala Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Pitra Setiawan menjelaskan, sebelumnya puncak arus mudik diprediksi terjadi pada H-1 atau tanggal 21 April. Namun, begitu ada penyesuaian waktu cuti bersama maka ada kemungkinan terjadi lonjakan penumpang sejak tanggal 18 April malam.

"Oleh karena itu kami minta masyarakat untuk mudik lebih awal dan menghindari puncak arus mudik,” ujar Pitra dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/4).

Baca Juga: Polri Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas Contra Flow & Ganjil Genap, Ini Jadwalnya

Menurut dia, suksesnya penyelenggaraan Angkutan Lebaran ini juga diharapkan peran aktif dari masyarakat sehingga tanggung jawab tidak hanya di pemerintah saja.

"Dengan demikian kita harapkan masyarakat sebelum melakukan perjalanan untuk merencanakan dan mengatur perjalanan dengan baik," terang Pitra.

Pemudik perlu menyiapkan kendaraannya, kondisi fisik pengemudinya, rute, dan waktunya. Sehingga semua pemudik tidak terhambat perjalanannya, lancar, dan yang terpenting dalam tiba dengan selamat di tujuan.

Selain itu seiring dengan meningkatnya pergerakan pemudik motor pada akhir pekan lalu, Pitra mengimbau agar para pemudik motor yang menggunakan jalan arteri nasional dapat memperhatikan waktu istirahat.

Baca Juga: Mudik Hari Ini (17/4) Dapat Diskon Tol, Cek Jadwal One Way, Ganjil Genap Lebaran

“Kami menyarankan agar para pemudik baik yang menggunakan mobil pribadi ataupun motor dapat memperhatikan waktu istirahat setiap 4 jam. Khusus bagi pemudik motor kami di Ditjen Hubdat menyediakan rest area di UPPKB seperti Losarang dan Balonggandu yang digunakan untuk beristirahat,” ujar Pitra.

Pitra juga mengimbau para pemudik untuk tetap berhati-hati selama perjalanan meski tidak ada kemacetan. Meski saat ini belum ada kepadatan lalu lintas yang melonjak tinggi, tetap jaga jarak kendaraan serta patuhi rambu-rambu lalu lintas dan juga arahan petugas di lapangan.

"Saya juga minta bagi pemudik yang melewati jalur arteri untuk mewaspadai adanya pasar tumpah di kanan-kiri jalan,” pungkas Pitra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×