kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BMKG: Hujan Deras di 6 Wilayah Ini Selama Puncak Arus Mudik 19-21 April


Selasa, 04 April 2023 / 18:58 WIB
BMKG: Hujan Deras di 6 Wilayah Ini Selama Puncak Arus Mudik 19-21 April
ILUSTRASI. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati memaparkan prediksi cuaca sebelum Lebaran Idul Fitri 2023, lebih tepatnya pada puncak arus mudik pada tanggal 19-21 April 2023.

Dwikorita menyampaikan, ada enam wilayah di Indonesia yang akan diguyur hujan dengan intensitas lebat. Hal tersebut Dwikorita sampaikan dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (4/4/2023).

"Yang perlu diwaspadai yang warna merah, yaitu potensi hujan dengan intensitas lebat melampaui 50 mm-100 mm, terutama untuk wilayah di Aceh, kemudian di situ Palembang, kemudian juga di Jabar, serta di Kaltim, dan Sulawesi Utara, dan juga di Papua," ujar Dwikorita.

Baca Juga: Berisiko Tinggi, Menhub Himbau Masyarakat Tak Gunakan Sepeda Motor untuk Mudik

Lalu, Dwikorita menyebut, ada wilayah lain yang juga patut mewaspadai hujan karena diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Menurut dia, dengan kondisi lahan di wilayah masing-masing, hujan dengan intensitas sedang pun bisa menyebabkan bencana hidrometeorologi.

"Yaitu di beberapa wilayah yang warna kuning, di Jabar, Banten, Jatim, Jateng. Tadi saya dengar paparan Bapak Menhub, terutama di Jateng, Jatim, Pansela, itu juga berpotensi," tutur dia.

"Kemudian, juga di beberapa provinsi di Sulawesi. Hampir seluruh provinsi. Kemudian di Kalimantan Utara dan Kalimantan Tengah. Juga di Ambon dan Papua Barat," ujar Dwikorita.

Selanjutnya, Dwikorita memaparkan prakiraan cuaca pada saat Lebaran 2023, yakni pada 22-28 April 2023.

"Kemudian untuk prakiraan cuaca saat Lebaran, 22-28 April, yang warna merah kurang lebih masih sama. Warna kuning agak geser di Sumut, kemudia di Sumbar, Jateng, dan Jatim. Serta di Sulsel, Sulbar, Sultra, di Pulau Seram, kemudian juga di Papua Barat dan Papua," kata dia.

Baca Juga: Ingin Mudik? Jasa Marga Imbau Masyarakat Hindari Dua Tanggal Ini

Sementara itu, kata Dwikorita, hujan lebat pada arus pulang mudik (29 April-5 Mei) diprediksi bakal terjadi di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Pulau Seram, dan Papua.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Prediksi BMKG, Hujan Deras di 6 Wilayah Ini Selama Puncak Arus Mudik 19-21 April"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×