kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Heboh uang pecahan 1.0, begini penjelasan Peruri


Selasa, 11 Mei 2021 / 13:00 WIB
Heboh uang pecahan 1.0, begini penjelasan Peruri
ILUSTRASI. kantor pusat peruri di jakarta


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Baru-baru ini jagad media sosial diramaikan oleh sebuah video yang menampilkan uang pecahan 1.0. Video tersebut diunggah oleh akun Tiktok bernama @PuspoTV. Dalam videonya, uang 1.0 yang ditampilkan memiliki tulisan Perum Peruri Specimen di bagian pojok atas uang kertas tersebut.

Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) lantas memberikan klarifikasi melalui akun resmi Instagram-nya. Perum Peruri menyatakan bahwa uang tersebut merupakan uang specimen atau uang contoh atau bisa dikenal juga dengan nama House Note.

Jadi, uang ini diterbitkan oleh banknote printer atau perusahaan pencetak uang yang bertujuan untuk mempromosikan kemampuannya dalam mencetak uang dengan menggunakan teknologi security features tertentu. “House Note (uang specimen) yang diterbitkan oleh Peruri adalah bukan Rupiah dan tidak sah digunakan sebagai alat pembayaran,” tulis akun @peruri.indonesia pada Senin (10/5).

Baca Juga: Video uang pecahan 1.0 viral di Tik Tok, ini penjelasan Peruri

Berdasarkan UU Mata Uang No. 7 Tahun 2011, disebutkan bahwa uang NKRI adalah Rupiah dengan memiliki ciri paling sedikit memuat:

1. Gambar lambing negara “Garuda Pancasila”

2. Frasa “Negara Kesatuan Republik Indonesia”

3. Sebutan pecahan dalam angka dan huruf sebagai nilai nominalnya

4. Tanda tangan pihak pemerintah dan Bank Indonesia

5. Nomor seri pecahan

6. Teks “Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia mengeluarkan Rupiah sebagai alat pembayaran yang sah dengan nilai…”

Sebagaimana dijelaskan ciri-ciri Rupiah tadi, maka House Note tidak memuat ciri-ciri yang disebutkan tersebut, “Peruri menerbitkan House Note/uang specimen untuk digunakan sebagai alat pemasaran untuk mempromosikan contoh produk/uang yang diproduksi oleh Peruri,” ungkap akun @peruri.indonesia.

Hingga kini, Peruri telah mencetak 3 series House Notes. Pertama pada tahun 2015 dengan tema “The Beauty Indonesia”, kedua pada tahun 2017 dengan tema “Indonesian & Japanese Heritage”, dan yang ketiga pada 2020 dengan tema “The Inspiring Tales”.

Selanjutnya: Perum Peruri sabet tiga penghargaan pada Top CSR Awards 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×