kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak tak mampu kurangi defisit anggaran


Rabu, 08 Oktober 2014 / 19:17 WIB
Harga minyak tak mampu kurangi defisit anggaran
ILUSTRASI. Pahami Perbedaan Hair Conditioner dan Hair Mask yang Harus Anda Tahu


Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Harga rata-rata minyak mentah (Indonesian crude price/ICP) dalam tren menurun. Namun, jangan senang dulu penurunan ICP lantas mampu mengurangi beban defisit anggaran.

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan (Kemkeu) Askolani mengatakan, harga minyak memang dalam tren menurun. Secara umum, kalau harga minyak menurun maka subsidi energi bisa turun baik subsidi bahan bakar minyak (BBM) ataupun subsidi listrik.

Namun ada variabel lain yang paling sensitif terhadap anggaran yaitu rupiah. Dengan kondisi rupiah saat ini, diakui Askolani, ada potensi anggaran subsidi BBM melebihi target. "Sebab kurs agak signifikan berubahnya, sedangkan ICP tidak banyak. Jadi kemungkinan hingga penghujung tahun subsidi BBM bisa lebih tinggi," ujar Askolani, Rabu (8/10).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, saat ini sudah masuk dalam periode dua bulan terakhir 2014. Hitungan Dirjen Anggaran, apabila harga minyak naik US$ 1 dolar maka tambahan defisit mencapai Rp 2 triliun dalam setahun. 

Begitu pula sebaliknya, kalau harga minyak turun US$ 1 dolar maka defisit turun Rp 2 triliun. Kalau sisa dua bulan terakhir ini, hitungan Askolani, paling tidak terjadi penurunan defisit sekitar US$ 200 miliar.

Tentu saja penurunan defisit secara keseluruhan juga harus mengacu pada level rupiah. "Angkanya terus fluktuatif. Masih terus kita pantau," tandas Askolani. 

Asal tahu saja, asumsi rupiah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2014 sebesar 11.600. Saat ini rata-rata rupiah dari awal tahun hingga sekarang sudah berada pada level Rp 11.700 per dolar AS.

Ekonom Bank Central Asia (BCA) David sumual menilai, ada tiga variabel yang menentukan besarnya anggaran subsidi energi yaitu nilai tukar rupiah, konsumsi BBM, dan harga minyak. Dua variabel pertama lebih memberikan pengaruh terhadap anggaran.

Rupiah dalam trend melemah yang alhasil membuat beban impor minyak membesar. Sementara itu, dari sisi konsumsi ada kecenderungan mengalami peningkatan volume setiap tahunnya.

Tahun lalu konsumsi BBM ditekan ke 46 juta kiloliter (kl) karena adanya kenaikan harga. Tahun ini konsumsi pasti lebih dari 46 juta kl. "Karena pertumbuhan konsumsi BBM setiap tahunnya sekitar 8%," papar David

Karena itu, menurut David, anggaran subsidi energi masih berpotensi membengkak. Harga minyak dunia pun, terangnya, melihat data terbaru kembali mengalami kenaikan ke US$ 96 per barel.

Sekedar gambaran, harga minyak mentah pada bulan Agustus tercatat US$ 99,51 per barel atau turun dari bulan Juli sebelumnya yang sebelumnya US$ 104,63 per barel. Pada bulan September, harga minyak kembali turun ke US$ 94,97 per barel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×