kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Kebutuhan Pokok Masih Tinggi, IKAPPI Minta Pemerintah Turun Tangan


Selasa, 19 April 2022 / 18:41 WIB
Harga Kebutuhan Pokok Masih Tinggi, IKAPPI Minta Pemerintah Turun Tangan
ILUSTRASI. Warga berbelanja bahan pangan. (KONTAN/Fransiskus Simbolon)


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menyoroti beberapa komoditas yang masih cukup tinggi dan rawan akan kelangkaan selama ramadan.

Wasekjen Penguatan Pangan & Distribusi Pangan, Abdul Sutri Atmojati meminta kepada pemerintah untuk segera menyelesaikan persoalan pangan ini menjelang hari raya dan pasca hari raya. Karena itu cukup berbahaya bagi pangan kita.

Berikut beberapa komoditas pangan dengan harga tinggi; Pertama, minyak goreng. Harga minyak goreng curah masih berada di atas Rp. 20.000, per liter. Abdul menilai minyak goreng ini mempunyai banyak faktor pendukungnya sehingga harganya masih di atas harga eceran tertinggi.

Baca Juga: Ikappi Minta Pemerintah Waspadai Lonjakan Harga Menjelang Idul Fitri

“Disparitas harga yang cukup tinggi dengan minyak goreng kemasan membuat banyak pihak bermain untuk menaikkan harga minyak goreng curah. Saat ini data IKAPPI menyatakan minyak goreng curah masih berada di rata-rata harga Rp. 20.000 per liter,” ucap Abdul dalam pernyataan tertulisnya , Selasa (19/4)

Kedua, bawang merah, bawang merah di periode ini tidak banyak di pasaran dan harganya Rp. 39.000 - Rp. 40.000 per kg. Hal serupa juga terjadi pada bawang putih, walaupun bawang putih impor tetapi beberapa komoditas ini masih sulit ditemui di pasar, dan harganya masih relatif tinggi. Harga eceran tertinggi di bawah harga Rp. 30.000 per kg tetapi harga di pasaran sudah mencapai Rp. 34.500 per kg.

Ketiga Gula pasir yang juga belum banyak ditemui di pasar. Sedangkan harganya Rp. 14.500 per kg. “Mungkin sulit ditemui itu karena musim giling akan terjadi di bulan Mei, jadi belum bisa ditemui di pasar, namun kita tetap mendorong pemerintah untuk memastikan stoknya,” tegas Abdul.

Baca Juga: IKAPPI Menilai Kebijakan HET Minyak Goreng Curah Belum Terimplikasi dengan Baik

Selanjutnya daging sapi yang seharusnya harga Rp. 130.000 per kg sekarang di kisaran harga Rp. 143.500 per kg sampai Rp. 150.000 per kg. Abdul menilai, harga daging sapi ini cukup tinggi diawal ramadan sampai pada pertengahan bulan ramadan.

Dari beberapa komoditas pangan tersebut, pihaknya menilai bahwa pemerintah dalam hal ini adalah kementerian perdagangan dan kementerian pertanian masih belum cukup mampu mengendalikan pangan selama periode ramadan.

“Kami meminta kepada pemerintah untuk segera menyelesaikan persoalan pangan ini menjelang hari raya dan pasca hari raya. Karena itu cukup berbahaya bagi pangan kita,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×