kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45827,00   -5,75   -0.69%
  • EMAS953.000 0,85%
  • RD.SAHAM -0.46%
  • RD.CAMPURAN -0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Halo para PNS, mau tahu siapa PNS pertama dengan NIP 010000001?


Senin, 22 Juni 2020 / 01:05 WIB
Halo para PNS, mau tahu siapa PNS pertama dengan NIP 010000001?
ILUSTRASI. PNS pertama di Indonesia

Sumber: Kompas.com | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA.  Pegawai negeri sipil (PNS) masih menjadi pekerjaan dambaan bagi masyarakat. Terbukti, tahun ini saja pendaftar CPNS mencapai 5 juta orang.

Namun, tahukah kamu PNS pertama di Indonesia? Dari hasil penelusuran Kompas.com, orang pertama yang menjadi PNS adalah Sri Sultan HB IX yang merupakan Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Baca Juga: Pemerintahan Jokowi ingin pecat PNS tak produktif, bagaimana aturannya?

Saat dikonfirmasi, Penghageng Tepas Dwarapura Keraton Yogyakarta KRT Jatiningrat membenarkan bahwa Sri Sultan HB IX merupakan PNS pertama Indonesia. "Iya benar, PNS pertama. Ini fotokopi kartu PNS beliau (Sri Sultan HB IX)," ujar KRT Jatiningrat saat ditemui Kompas.com, Senin (16/12/2019).

KRT Jatiningrat mengatakan, awalnya ia juga tidak mengetahui bahwa Sri Sultan HB IX merupakan PNS pertama Indonesia. Ia baru mengetahui setelah melihat salinan kartu PNS Sri Sultan HB IX. Dirinya mengetahui salinan kartu pegawai tersebut setelah Sri Sultan HB IX wafat.

Saat itu, KRT Jatiningrat mengurusi data-data dana tunjangan pensiunan janda. "Waktu itu beliau wafat, saya masih menjadi Kepala Biro Umum. Sehingga, masalah-masalah yang berkaitan dengan pensiun janda itu kan mengumpulkan data-data, masuklah NIP (salinan kartu pegawai) ini (milik Sri Sultan HB IX)," ujarnya.

Kartu PNS milik Sri Sultan HB IX diterbitkan oleh Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN), dan ditandatangani oleh Kepala BAKN saat itu, AE Manihuruk, di Jakarta pada 1 November 1974.

Di dalam kartu PNS tersebut tertulis Sri Sultan HB IX menjadi pegawai pada tahun 1940. Sri Sultan HB IX mendapat NIP : 010000001. "Waktu itu kita juga kaget, ternyata Ngarso Dalem itu NIP-nya 010000001. Berarti ini kan yang pertama," ujar dia.

Baca Juga: ASN tak produktif akan dipecat, Tjahjo Kumolo: Too many, but not enough

Hal yang luar biasa, lanjutnya, pengabdian Sri Sultan HB IX dihitung sejak tahun 1940. Ini seperti yang tertera dalam kartu PNS Sri Sultan HB IX yang tertulis menjadi pegawai sejak 1940.

Padahal, waktu itu Indonesia belum merdeka. Pada tahun 1940, tepatnya tanggal 18 Maret, merupakan jumenengan (bertakhta) Sri Sultan HB IX. Saat jumenengan itu, Sri Sultan HB IX berpidato dan berjanji akan mengabdikan diri kepada nusa dan bangsa.

"Sejak semula beliau itu memang pengabdiannya, bekerjanya, untuk memenuhi kebutuhan nusa dan bangsa," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ternyata Ini Sosok PNS Pertama di Indonesia"

Penulis : Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

SELANJUTNYA: ASN tak produktif akan dipecat, Tjahjo Kumolo: Too many, but not enough


Editor : David Oliver Purba

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×