kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,16   -14,36   -1.64%
  • EMAS920.000 0,00%
  • RD.SAHAM -1.01%
  • RD.CAMPURAN -0.38%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Hal-hal yang bisa bikin jadwal vaksin Covid-19 tertunda


Rabu, 05 Mei 2021 / 20:35 WIB
Hal-hal yang bisa bikin jadwal vaksin Covid-19 tertunda

Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Patuhi jadwal penyuntikan vaksin Covid-19 demi pembentukan antibodi terhadap virus corona. Namun, Anda harus menunda vaksin Covid-19 jika ada gejala tertentu dalam tubuh.

Mengutip dari Best Life (bestlifeonline.com), Anda perlu menunda penyuntikan vaksin jika mengalami gangguan saluran pernapasan atas. Misalnya, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, atau gejala pilek yang lain. Hal itu bisa jadi gejala infeksi Virus Corona.

Centers for Disease Control and Prevention atau CDC merekomendasikan Anda yang terinfeksi Covid-19 tidak perlu mendapat vaksin Virus Corona. Maka dari itu, Anda perlu menunggu beberapa hari untuk memastikan apakah gejala yang Anda alami adalah ciri-ciri terinfeksi Virus Corona atau pilek biasa.

Memaksakan diri untuk mengikuti jadwal vaksin justru bisa memperparah kondisi Anda. Best Life mengatakan bahwa hal itu dapat membuat efek samping vaksin Covid-19 semakin terasa parah. Misalnya, sakit kepala, demam, nyeri otot, mual, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pasokan seret, stok vaksin Covid-19 kian menipis

Untuk menghindari masalah itu dan hal-hal lain yang tidak diinginkan, cobalah untuk memproteksi diri dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Gunakan masker sesuai dengan standar kesehatan yang sudah ditetapkan.

Selain itu, usahakan untuk menghindari tempat-tempat yang dipenuhi banyak orang. Jika Anda terpaksa harus pergi ke tempat umum, usahakan untuk selalu menjaga jarak. Memerhatikan ventilasi udara di lokasi yang Anda kunjungi juga perlu dicoba.

Baca Juga: Tercatat baru 5,05 juta yang menyelesaikan dua tahap vaksinasi, ini tantangannya

Jika ventilasi ruangan tidak baik, batasi waktu kunjungan Anda. Dengan begitu, risiko terinfeksi Virus Corona bisa turun. Tidak berhenti sampai di situ, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan rajin cuci tangan.

Gunakan sabun dan air mengalir supaya kuman yang menempel di tangan bisa hilang. Jika Anda tidak memungkinkan untuk memakai sabun dan air mengalir, gunakan hand sanitizer. Bersihkan seluruh area tangan supaya tidak ada kuman yang tertinggal.

Selanjutnya: Stok Dunia Terbatas, Pemerintah Prioritaskan Vaksin Corona dari China

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale

[X]
×