kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.010,68   -0,95   -0.09%
  • EMAS957.000 -0,52%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Hadiri W20 Summit di Danau Toba, Sandiaga Dorong UMKM Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi


Selasa, 19 Juli 2022 / 20:48 WIB
Hadiri W20 Summit di Danau Toba, Sandiaga Dorong UMKM Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi
ILUSTRASI. Danau Toba. Hadiri W20 Summit di Danau Toba, Sandiaga Dorong UMKM Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi.


Reporter: Aris Nurjani | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - SIMALUNGUN. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno terus berkolaborasi bersama UMKM untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan sosial khususnya di Daerah Toba dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) atau Women20 (W20) Summit, di Hotel Niagara, tepian Danau Toba, Selasa (18/7).

"UMKM adalah penopang pencipta lapangan pekerjaan, strategi yang dilakukan Kemenparekraf adalah inovasi, adaptasi dan kolaborasi dimana kita akan berikan pelatihan untuk memperdayakan UMKM dan akses pembiayaan yang lebih mudah," ucap Sandi saat menghadiri pembukaan KTT W20 Summit, Selasa (18/7).

Selain itu, Sandi juga mendorong beberapa maskapai untuk membuka dan menambah penerbangan langsung ke Bandara Silangit dan Medan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba, Sumatra Utara. 

"Pertama pembangunan dan kawasan destinasi wisata super prioritas terus kita tingkatkan dan beberapa terobosan berupa komitmen penerbangan langsung dari beberapa maskapai untuk menambah penerbangan ke Medan dan Silangit agar dapat berkunjung ke Danau Toba," kata Sandi. 

Baca Juga: KTT Women20 Siapkan 8 Komunike yang Akan Dibawa ke KTT G20

Selain mendorong penambahan penerbangan, Kemenparekraf juga terus berupaya meningkatkan dan menambah akomodasi yang berkualitas di wilayah Danau Toba. 

"Kedua pembangunan dari beberapa akomodasi seperti hotel terus kita tingkatkan dan serta menarik wisatawan sehingga menciptakan lapangan pekerjaan dan khususnya untuk kebangkitan ekonomi di Danau Toba dan Sumatra Utara," ujar Sandi. 

Sandi mengatakan, Danau Toba merupakan destinasi wisata yang sangat memiliki keindahan alam dan keragaman budaya. 

Terkait mahalnya harga tiket seringkali menjadi kendala bagi para wisatawan untuk berwisata, Sandi mengatakan akan terus bekerjasama dengan pemerintah daerah Sumut, khususnya Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT) dan maskapai agar bisa meningkatkan jumlah penerbangan dan memberikan tiket dengan harga yang terjangkau.

Sandi berharap delegasi KTT W20 yang berasal dari berbagai negara yang datang ke Danau Toba dapat menikmati keindahan alamnya dan bisa membantu mempromosikan wisata Indonesia saat kembali ke negaranya.

Baca Juga: KTT Women 20 Angkat Isu Pemberdayaan Ekonomi Perempuan

"Delegasi ini datang sebagai tamu, tapi pulang sebagai duta promosi pariwisata kita. Tentunya, kita juga harus membangun pariwisata alam dan lingkungan yang berkualitas dan berkelanjutan,” ujarnya.

Perlu diketahui, Women20 (W20), merupakan Engagement Group G20 yang membentuk jaringan pemberdayaan perempuan untuk mendorong pengadopsian komitmen G20 dalam isu perempuan. 

Tujuan utama W20 adalah untuk mempromosikan pemberdayaan ekonomi perempuan sebagai bagian integral dari proses G20. Keanekaragaman dan partisipasi penuh sangat penting untuk mendorong ekonomi dan masyarakat yang tangguh, berkelanjutan dan layak, sedangkan sistem homogen menanggung risiko dan ketidakpastian. 

Pemberdayaan ekonomi perempuan dengan demikian sangat mendasar bagi dunia yang makmur dan penting untuk pertumbuhan ekonomi, ekonomi yang stabil dan pembangunan sosial. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×