Reporter: Siti Masitoh | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) kembali membuka acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) kembali dibuka pada tahun ini. Acara pembukaan KKI ini diresmikan pada Jumat, (27/5), dengan bertemakan UMKM Indonesia Bangkit melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan.
Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, pihaknya mengajak mengajak UMKM untuk ikut serta dalam proses digitalisasi maupun globalisasi. “Setelah dua tahun kami melakukan secara virtual, Alhamdulillah tahun ini kita bisa melakukan secara hybrid,” ujar Perry dalam sambutannya, Jumat (27/5).
Adapun menurutnya, acara KKI tahun ini, juga mengusung tiga kunci utama diantaranya sinergi, digitalisasi, dan globalisasi.
Baca Juga: Pemerintah Terus Mendorong Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR)
Untuk sinergi, BI bersama 13 Kementerian/Lembaga telah bekerja sama dalam menyajikan berbagai UMKM di Indonesia, 5 asosiasi, 26 pelaku industri, dan juga kalangan-kalangan perbankan, sistem pembayaran, marketplace, aggregator ekspor, dan bahkan juga para desainer.
Perry juga mengatakan, digitalisasi adalah cara yang efektif dan efisien membangkitkan UMKM untuk menjadi pemain-pemain tidak hanya nasional, tapi juga secara global. Untuk itu, Perry melanjutkan, Bank Indonesia terus melakukan digitalisasi sistem pembayaran agar proses transaksi ekonomi UMKM bisa secara cepat melalui sistem pembayaran.
"QR Indonesian Standard, 17,2 juta merchant sudah tersambung dalam platform digital ini. Saya yakin tepuk tangan kita akan lebih meriah, karena 90 persen dari 17,2 juta adalah UMKM,” jelasnya.
Baca Juga: Perbankan Optimis kredit akan Tumbuh Semakin Tinggi
Di sisi lain, proses digitalisasi juga terus dilakukan lewat berbagai cara. Melalui KKI 2022, BI hendak menampilkan produk-produk unggulan UMKM berkualitas ekspor.
Ia juga akan terus mendorong UMKM agar segera memenuhi persyaratan secara nasional maupun global. Termasuk yang pihaknya lakukan dengan mengadakan 20 event, business Matching, proses pembiayaan, dan juga menyambungkan dengan para pembeli-pembeli di tingkat global.
“Ini adalah tindak lanjut kami yang selalu melakukan acara-acara promosi UMKM melalui 6 kantor-kantor perwakilan Bank Indonesia di seluruh dunia, Tokyo, Beijing, Singapura, London, New York. Kami berkolaborasi dengan KBRI dan kementerian/lembaga,” imbuhnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News