kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45677,99   5,85   0.87%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Gara-gara corona, ekonom imbau ada paket liburan menarik untuk tarik turis domestik


Minggu, 23 Februari 2020 / 21:13 WIB
Gara-gara corona, ekonom imbau ada paket liburan menarik untuk tarik turis domestik
ILUSTRASI. Wisatawan menanti matahari terbit di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (27/9/2019).

Reporter: Bidara Pink | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bayangan virus corona masih menghantui aktivitas global. Wabah ini pun mulai menjadi persoalan bagi perekonomian global dan Indonesia, termasuk dalam sektor pariwisata.

Apalagi, ini juga mengingat bahwa sektor pariwisata yang mau tidak mau akan terpukul karena kontribusi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari negeri tirai bambu tersebut cukup banyak terhadap pariwisata Indonesia. Bahkan, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kontribusinya mencapai 12% di sepanjang tahun lalu.

Baca Juga: Begini dampak penyebaran virus corona menurut bank-bank besar

Menurut Ekonom Bank BCA David Sumual mengatakan bahwa sektor pariwisata yang terdampak bisa terselamatkan oleh para wisatawan domestik. Oleh karenanya, untuk menarik wisatawan domestik, David mengimbau agar pemerintah tak hanya menurunkan tiket pesawat, tetapi juga menyediakan paket liburan yang menarik dan berkualitas.

"Jadi paket yang ditawarkan bisa paket liburan yang sepaket dengan tiket pesawat, hotel, transportasi dan akomodasi di lokasi, jasa perjalanan, dan event. Tetapi ini diusahakan dengan harga yang menarik dan juga menawarkan kualitas yang sebanding," kata David kepada Kontan.co.id, Minggu (23/2).

Lebih lanjut, David juga mengimbau agar pemerintah juga meyakinkan masyarakat bahwa pemerintah peduli dan melakukan pencegahan yang serius terhadap wabah ini sehingga bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk berwisata.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×