kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gantikan Ridwan Kamil, Bey Triadi Jadi Pj Gubernur Jabar, Ini Profil & Harta Kekayaan


Jumat, 01 September 2023 / 14:50 WIB
Gantikan Ridwan Kamil, Bey Triadi Jadi Pj Gubernur Jabar, Ini Profil & Harta Kekayaan
Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang masa jabatannya segera habis pada 5 September 2023. Untuk sementara, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Triadi Machmudin menjadi penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat. Berikut profil dan harta kekayaan Bey Triadi Machmudin, Pj Gubernur Jawa Barat.

Presiden Joko Widodo menunjuk Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Triadi Machmudin sebagai penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat. Bey Triadi akan menggantikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang masa jabatannya segera habis pada 5 September 2023.

Hal tersebut disampaikan oleh Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (1/9/2023). "Benar demikian. Sudah diputuskan pada Kamis (31/8/2023) kemarin dalam rapat tim penilaian akhir (TPA) oleh Presiden," ujar Ngabalin.

Ngabalin juga menginformasi ada sembilan orang lainnya yang telah ditunjuk sebagai Pj gubernur dari sembilan provinsi. Sembilan orang itu yakni Nana Sudjana sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah, Hasanudin sebagai Pj Gubernur Sumatera Utara, dan Sang Made Mahendra Jaya sebagai Pj Gubernur Bali. Ridwan Rumasukin ditunjuk sebagai Pj Gubernur Papua, Ayodhia Kalake sebagai Pj Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Ada pula Lalu Gita Ariadi sebagai Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca Juga: Jokowi Sebut Pj Gubernur Pengganti Ganjar Diputuskan pada Pekan Ini

Kemudian Harrison Azroi sebagai Pj Gubernur Kalimantan Barat, Andap Budhi sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara dan Bachtiar Badaruddin sebagai PJ Gubernur Sulsel.

Bey Triadi dan para pejabat lain akan menjadi Pj Gubernur di masing-masing wilayah hingga dilangsungkan Pilkada serentak 2024 mendatang.

Profil Bey Triadi Machmudin

Bey Triadi Machmudin adalah pria kelahiran Cirebon, Jawa Barat, 15 April 1970. Bey Triadi Machmudin adalah lulusan dari Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.

Bey Triadi Machmudin diketahui satu almamater dengan Emil. Bey Triadi Machmudin menempuh studi S2 Magister Teknik ITB. Sebelum mengemban posisi saat ini sebagai Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Triadi pernah menjabat sebagai Kepala Biro Pers Istana pada 2015.

Adapun Bey Triadi menjabat sebagai Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden sejak 20 Januari 2021 setelah dilantik Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Harta kekayaan Bey Triadi

Bey Triadi tercatat memiliki harta kekayaan Rp 9,4 miliar sebagaimana Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan ke KPK pada 15 Maret 2023 untuk periode 2022.

Dari total harta kekayaan tersebut, Bey Triadi memiliki harta berupa tanah dan bangunan dengan total nilai Rp 5,6 miliar. Rinciannya, tanah seluas 300 meter persegi di Bogor senilai Rp 150 juta dan tanah 128 meter persegi serta bangunan 79 meter persegi di Tangerang Selatan senilai Rp 1,5 miliar.

Kemudian tanah dan bangunan masing-masing seluas 60 meter persegi di Tangerang Selatan senilai Rp 450 juta serta tanah 337 meter persegi dan bangunan 200 meter persegi di Bandung berstatus hibah dengan akta senilai Rp 3,5 miliar.

Bey Triadi juga tercatat memiliki harta kekayaan dalam bentuk alat transportasi dan mesin dengan total nilai Rp 563 juta. Rinciannya, motor Vespa Scooter tahun 2012 senilai Rp 18 juta dan mobil Honda BRV tahun 2017 senilai Rp 180 juta, dan motor Yamaha tahun 1973 senilai Rp 35 juta. Selanjutnya, mobil Toyota Sedan tahun 1988 senilai Rp 40 juta, motor Vespa Super tahun 1969 senilai Rp 15 juta, dan mobil Honda City Sedan tahun 2021 senilai Rp 275 juta.

Sementara, harta bergerak Bey Triadi lainnya sebesar Rp 135 juta. Bey Triadi juga tercatat mempunyai kas dan setara kas sebesar Rp 4,2 miliar.

Namun, Bey Triadi tercatat mempunyai hutang sebesar Rp 1,02 miliar. Dengan demikian, total kekayaan Bey Triadi sebesar Rp 9,4 miliar.

Itulah profil dan harta kekayaan Bey Triadi yang akan menjadi Pj Gubernur Jawa Barat mulai 6 September 2023 mendatang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Profil dan Harta Kekayaan Bey Triadi, Penjabat Gubernur Jabar Pengganti Ridwan Kamil",


Penulis : Achmad Nasrudin Yahya
Editor : Achmad Nasrudin Yahya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×