kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45960,78   1,83   0.19%
  • EMAS1.033.000 0,49%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Ganjar, Prabowo, dan Anis Masih Mendominasi Hasil Survei Calon Presiden 2024 di SMRC


Minggu, 27 November 2022 / 14:40 WIB
Ganjar, Prabowo, dan Anis Masih Mendominasi Hasil Survei Calon Presiden 2024 di SMRC
ILUSTRASI. Survei SMRC pada 5-13 November 2022 menunjukkan tiga nama masih bersaing, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nama Ganjar Pranowo, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) unggul dalam survei yang digelar oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). 

SMRC menggelar survei dalam format pertanyaan semi terbuka yang menjaring 45 nama tokoh masyarakat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapat dukungan terbanyak 26,7%. 

Menyusul peringkat kedua adalah Prabowo Subianto dengan persentase 18,8%.

Baca Juga: Survei SMRC: Deklarasi Capres Belum Terlihat Mendongkrak Suara Nasdem dan Gerindra  

Nama ketiga yang muncul dengan dukungan terbesar adalah Anies Baswedan sebanyak 17% dari responden,

Sementara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ada di peringkat empat dengan perolehan suara responden sebanyak 3,7%.

Sedangkan 41 nama lain hanya sebagai penggembira langaran perolehan suaranya di bawah 3%. 

SMRC juga mencatat ada sebanyak 13,1% dari responden belum menentukan pilihan mereka untuk pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Menurut Direktur Riset SMRC, Deni Irvani dalam pernyataan tertulis Minggu (27/11) hasi survei  itu menunjukkan dalam semua simulasi.

Survei menyebut Ganjar Pranowo mengungguli nama-nama tokoh lain. "Bila pemilihan presiden diadakan ketika survei terakhir dilakukan, ada 3 nama yang mendapat dukungan paling signifikan yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Nama-nama lain masih jauh tertinggal di bawah," kata Deni.

Baca Juga: Survei SMRC: Deklarasi Capres Belum Terlihat Mendongkrak Suara Nasdem dan Gerindra

Pada survei tersebut SMRC juga membuat simulasi 4 nama atau memberikan pertanyaan tertutup kepada responden yakni nama Anies Rasyid Baswedan, mantan Gubernur DKI Jakarta yang sudah dicalonkan untuk maju sebagai calon presiden 2024 dari Partai Nasdem.

Nama kedua adalah Ganjar Pranowo, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P)  Ketiga adalah nama Prabowo Subianto, ketua partai Gerindra, sedangkan keempat adalah nama Puan Maharani.

Dengan simulasi empat nama ini,  Ganjar Pranowo mendapatkan dukungan sebanyak 33,5% dari responden. Sementara Prabowo Subianto di dukung sebanyak 26,9%. Adapun nama Anies Baswedan baru bisa mendapatkan dukungan dari 24% responden; Apalagi nama Puan Maharani, hanya dilirikoleh sebanyak 3,4% responden.

Selain itu SMRC juga memberikan pertanyaan tertutup kepada responden jika diadakan pemilu hari ini, dari tiga nama yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan, siapa yang akan mereka pilih?

Mayoritas responden memilih Ganjar Pranowon yakni dengan persentase 33,5%.

Peringkat kedua adalah Prabowo Subianto dengan jumlah perolehan dukungan responden sebanyak 30,1%.

Baca Juga: Survei SMRC: Dukungan ke PDIP Melejit, Gerindra Stabil Partai-partai Lain Longsor

Sedangkan nama Anies Baswedan baru mendapatkan 25,1% sauara dari responden, sehinggat tim sukses Anies harus kerja lebih keras agar Anies bisa bertahan dan bisa masuk periode pemilu putaran kedua

Namun demikian, lanjut Deni, dalam simulasi di mana Ganjar, Prabowo, dan Anis maju, tidak ada calon yang mendapat dukungan di atas 50% sehingga terbuka kemungkinan pilpres akan berlangsung dua putaran.

Survei ini dilakukan secara tatap muka pada 5-13 November 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. 

Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1220 responden.  Response rate sebesar 1012 atau 83%. 

Deni menyebut margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).

Survei SMRC pada 5-13 November 2022 menunjukkan tiga nama masih bersaing, Ganjar, Prabowo dan Anies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×