kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

G20: Ketegangan perdagangan harus segera diselesaikan


Jumat, 12 Oktober 2018 / 15:15 WIB
G20: Ketegangan perdagangan harus segera diselesaikan
ILUSTRASI. Pertemuan Menkeu dan Gubernur Bank Sentral Negara G20

Berita Terkait

Reporter: Ghina Ghaliya Quddus | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - NUSA DUA. Kelompok G20 menyatakan ketegangan di antara anggota kelompok negara G20 yang dipicu oleh perang dagang harus diselesaikan secara langsung.

“Kami mengakui kami sekarang menghadapi ketegangan perdagangan di antara anggota G20,” kata Nicolas Dujovne, Menteri Keuangan Argentina yang menjadi ketua G20 tahun ini di Bali, Jumat (12/10).


“Bagian dari ketegangan itu harus diselesaikan oleh anggota, itu sendiri” katanya.

Ia melanjutkan, G20 dapat memainkan peran dalam menyediakan wadah untuk diskusi. Namun demikian, perbedaan yang masih ada ini harus diselesaikan oleh anggota yang terlibat langsung dalam ketegangan tersebut.

"Kami menyediakan mekanisme untuk konsensus dan kami sepakat dengan ketegangan ini kami harus bekerjasama. Sebulan lalu , ada pertemuan soal perdagangan dan ini sangat sukses karena kami sepakat kerja sama untuk meremajakan perdagangan internasional," ujarnya.

Asal tahu, kebijakan proteksionis Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah membuat kesal sekutu-sekutu lamanya, seperti Uni Eropa (UE), Kanada, dan Meksiko, serta memicu serangan balasan dari berbagai negara.




TERBARU

Close [X]
×