kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

FIFA Matchday Indonesia vs Argentina Berpotensi Sumbang Penerimaan Pajak Rp 28 Miliar


Minggu, 18 Juni 2023 / 12:58 WIB
FIFA Matchday Indonesia vs Argentina Berpotensi Sumbang Penerimaan Pajak Rp 28 Miliar
ILUSTRASI. FIFA Match Day: Indonesia vs Argentina


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertandingan sepak bola Tim Nasional (Timnas) Indonesia melawan Argentina dalam laga FIFA Matchday pada 19 Juni mendatang akan menambah penerimaan pajak.

Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) memperkirakan laga uji coba yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno tersebut akan menyumbang penerimaan pajak sebesar Rp 28 miliar.

"Terdapat pula potensi pendapatan pajak tidak langsung bagi pemerintah sebesar Rp 28 miliar," dikutip dari Laporan LPEM FEB UI, Minggu (18/6).

Baca Juga: Lionel Messi Batal Hadir, Tim Indonesia Tetap Bisa Belajar dari Argentina

Saat dikonfirmasi, Peneliti LPEM FEB UI, Yusuf Reza Kurniawan mengatakan, jenis pajak yang akan menyumbang dari gelaran FIFA Matchday tersebut adalah jenis pajak yang ditanggung pelaku usaha, seperti pajak penghasilan (PPh) dan pajak pertambahan nilai (PPN).

Hal ini dikarenakan para pelaku usaha akan meningkatkan produksinya untuk memenuhi permintaan barang dan jasa selama momentum tersebut.

"Pendapatan pajak tersebut adalah kenaikan potensi pajak ketika pelaku usaha meningkatkan produksinya untuk memenuhi permintaan barang dan jasa karena adanya FIFA Matchday tersebut," ujar Yusuf kepada Kontan.co.id, Minggu (18/6).

Mengutip dari laporannya, sektor yang paling banyak menyumbang penerimaan pajak pada penyelenggaraan FIFA Matchday Indonesia adalah industri pengolahan dengan sumbangan Rp 7,1 miliar.

Kemudian, jasa kesehatan dan kegiatan sosial sebesar Rp 4,5 miliar, serta sektor perdagangan besar dan eceran dengan sumbangan Rp 3,3 miliar.

Baca Juga: IFG Life Kasih Asuransi ke Pemain Timnas, Wasit Hingga Penonton Saat Jumpa Argentina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×