kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.200   0,00   0,00%
  • IDX 7.066   -30,70   -0,43%
  • KOMPAS100 1.055   -6,75   -0,64%
  • LQ45 830   -5,26   -0,63%
  • ISSI 215   0,27   0,12%
  • IDX30 424   -2,36   -0,55%
  • IDXHIDIV20 513   -0,30   -0,06%
  • IDX80 120   -0,79   -0,65%
  • IDXV30 124   -1,30   -1,04%
  • IDXQ30 142   -0,32   -0,23%

Erick Thohir Ungkap Pentingnya BBM Subsidi untuk Kembangkan Transportasi Kereta Api


Minggu, 24 November 2024 / 14:15 WIB
Erick Thohir Ungkap Pentingnya BBM Subsidi untuk Kembangkan Transportasi Kereta Api
ILUSTRASI. Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta (1/11/2024). Menteri BUMN, Erick Thohir menjelaskan pentingnya penggunaan BBM bersubsidi di sektor perkeretaapian yang tepat sasaran.


Reporter: Arif Ferdianto | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menjelaskan pentingnya penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi di sektor perkeretaapian yang tepat sasaran guna mendukung efisiensi transportasi massal di Indonesia.

Dia menjelaskan, upaya peningkatan pengawasan penggunaan BBM bersubsidi di sektor kereta api itu penting dilakukan lantaran sejalan dengan dengan komitmen pemerintah dalam meningkatkan mobilitas masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

"Kereta api adalah moda transportasi massal yang efisien, hemat energi, ramah lingkungan, dan aman. Dukungan BBM subsidi sangat penting untuk pengembangan transportasi kereta api di Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (24/11).

Adapun, saat ini kuota BBM bersubsidi untuk KAI diatur dalam SK Kepala BPH Migas Nomor 53/P3JBT/BPH MIGAS/KOM/2024, yang menetapkan alokasi 196.653 kiloliter (KL).

Baca Juga: Nataru Dongkrak Transaksi Uang Elektronik Kartu

Perinciannya, kereta yang mendapat alokasi BBM Subsidi tersebut yakni Kereta Api Penumpang sebesar 172.849 kilo liter (KL), Kereta Api Barang Komoditas Klinker sebesar 1.050 KL, dan Kereta Api Barang Komoditas Parcel sebesar 2.529 KL.

Kemudian, Kereta Api Barang Komoditas Peti Kemas sebesar 15.539 KL serta Kereta Api Barang Komoditas Semen sebesar 4.686 KL.

Menanggapi hal itu, Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyoroti efisiensi kereta api dibandingkan moda transportasi lain. Dia menjelaskan, penggunaan BBM bersubsidi pada moda transportasi kereta diklaim jauh lebih efisien.

Dia mencontohkan, kereta angkutan batu bara untuk 3.000 ton dengan jarak 409 km hanya membutuhkan 4.629 liter BBM, jauh lebih efisien dibandingkan truk yang membutuhkan 22.125 liter untuk kapasitas yang sama.

"Penggunaan kereta api untuk angkutan barang tidak hanya hemat bahan bakar tetapi juga mengurangi karbon hingga 99% dibandingkan moda darat lainnya," jelasnya.

Namun sayangnya, tambah Anne, saat ini angkutan barang berbasis rel baru mencakup 2% dari total angkutan barang darat di Indonesia. 

BUMN melalui KAI terus meningkatkan layanan ini untuk mendukung logistik nasional, terutama untuk distribusi batu bara yang ramah lingkungan.

"KAI memiliki peran penting dalam mengamankan distribusi batu bara untuk pembangkit listrik di Jawa dan Bali yang berkolaborasi dengan BUMN lain seperti PT BA dan PLN. BUMN juga menjalin sinergi dengan BPH Migas untuk memastikan distribusi BBM subsidi berjalan lancar dan sesuai prinsip Good Corporate Governance (GCG)," tandasnya.

Baca Juga: Pemerintah Disarankan Lakukan Pilot Project Soal Pengalihan Subsidi Energi Jadi BLT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×