kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Erick Thohir klaim banyak pihak yang mau dirinya dicopot dari jabatan menteri


Rabu, 29 Januari 2020 / 05:24 WIB
Erick Thohir klaim banyak pihak yang mau dirinya dicopot dari jabatan menteri
ILUSTRASI. Menteri BUMN Erick Thohir.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada klaim mengejutkan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Dia menyebut, banyak pihak yang ingin dirinya dicopot dari jabatan menteri. Atas dasar itu, dia ingin secara sungguh-sungguh membenahi perusahaan-perusahaan pelat merah yang saat ini masih bermasalah. Sebab, ia tak ingin mewarisi kebobrokan kepada Menteri BUMN selanjutnya. 

“Kalau habis restrukturisasi operasionalnya harus benar. Nanti ada problem lima tahun lagi di menteri selanjutnya, atau mungkin saja saya cuma setahun. Yang mau goyang saya kan banyak,” ujar Erick di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (28/1/2020). 

Atas dasar itu, Erick mengatakan dirinya mempunyai target-target untuk masing-masing perusahaan BUMN. Dia juga menginginkan peran aktif dari para komisaris utama untuk mengawasi kinerja perusahaan BUMN. “Saya tidak mau juga komisaris hanya duduk-duduk dan tidak bantu kementerian untuk mengawasi, tapi bukan ambil peran direksi, jangan juga, enggak boleh, kan ada tugasnya,” kata Erick. 

Baca Juga: Erick Thohir: Program DP Rp 0 tak mendidik untuk generasi milenial

Sebelumnya, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengunggah status di laman Facebook pribadinya soal Jiwasraya. 

Dalam unggahan itu, SBY mengaku mendengar informasi bahwa ada pihak yang semula ingin ada Pansus Jiwasraya. Tujuannya kata SBY, yakni untuk intuk menjatuhkan sejumlah tokoh. T okoh tersebut yakni mantan Menteri BUMN Rini Sumarno, Menteri BUMN Erick Thohir harus diganti. Menteri Keuangan Sri Mulyani harus bertanggung jawab. Presiden Jokowi juga harus dikaitkan. 

Baca Juga: Pekan depan, Panja Jiwasraya panggil tiga ahli, Menteri BUMN serta direksi Jiwasraya

"Mendengar berita seperti ini, meskipun belum tentu benar dan akurat, saya harus punya sikap. Sikap saya adalah tak baik dan salah kalau belum-belum sudah main "target-targetan",: tulis SBY. 

Saat ini, sejumlah komisi di DPR memilih membentuk Panja daripada Pansus Jiwasraya. Ketiga komisi yang membentuk Panja yakni Komisi III, Komisi VI dan Komisi XI.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erick Thohir: Banyak yang Mau Goyang Posisi Saya dari Menteri BUMN"
Penulis : Akhdi Martin Pratama
Editor : Yoga Sukmana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×