kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,01   -2,49   -0.27%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Erick Thohir Bilang Tak Akan Cari Pengganti Rosan Sebagai Wamen BUMN, Ini Alasannya


Sabtu, 28 Oktober 2023 / 19:45 WIB
Erick Thohir Bilang Tak Akan Cari Pengganti Rosan Sebagai Wamen BUMN, Ini Alasannya
ILUSTRASI. Menteri BUMN Erick Thohir dalam kunjungan ke Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) di Jakarta Timur.


Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir buka suara terkait mundurnya Rosan Roeslani dari posisi Wakil Menteri (Wamen) BUMN. Posisi yang ditinggalkan Rosan itu pun tidak akan digantikan dengan orang lain. 

Erick mengatakan, dirinya menghormati keputusan Rosan yang memilih fokus menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. 

"Saya hormati keputusan Pak Rosan," ujarnya di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (28/10/2023).

Ia mengungkapkan, telah melakukan diskusi di internal Kementerian BUMN dan melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa di sisa satu tahun masa jabatannya, posisi Wamen BUMN hanya akan diisi Kartika Wirjoatmodjo alias Tiko, tak perlu ada pengganti Rosan. 

Baca Juga: Erick Thohir Sebut Tak Ada Penambahan Wamen BUMN Baru Pasca Pengunduran Diri Rosan

Seperti diketahui, sebelumnya posisi Wamen BUMN selalu diisi oleh dua orang untuk membantu Erick Thohir mengelola perusahaan-perusahaan pelat merah. Terakhir, posisi Wamen BUMN diisi oleh Tiko dan Rosan. 

"Saya sudah diskusi internal di kementerian, dan saya sudah lapor ke Bapak Presiden bahwa nanti kita satu saja Wamen-nya, Pak Tiko, yang selama ini beliau juga sudah kebetulan kemarin lagi tour of duty. Jadi cukup satu," ungkapnya. 

Lebih lanjut, Erick juga menegaskan, di masa tahun politik ini, dirinya tak akan kemana-mana dan hanya fokus menjalankan tugasnya sebagai Menteri BUMN. 

"Saya juga enggak kemana-mana, kita fokus kerja, kerja, dan kerja," imbuh dia.

Terkait mundurnya Rosan dari Wakil Komisaris Utama (Wakil Komut) PT Pertamina (Persero), Erick mengatakan, keputusan mengenai pengganti Rosan masih akan dilakukan pembahasan. 

"Belum (keputusan pengganti Rosan), tunggu, sabar," pungkasnya. 

Sebelumnya, Rosan dilantik Presiden Jokowi menjadi Wamen BUMN pada 17 Juli 2023 lalu. Dia menggantikan posisi Pahala Mansury, yang kala itu bergeser menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu). 

Baca Juga: Ragam Program MIND ID untuk Kembangkan Sumber Daya Manusia dari Tahun ke Tahun

Namun kini Rosan dinyatakan secara hormat diberhentikan melalui Keputusan Presiden (Keppres) tertanggal 25 Oktober 2023. 

Sedangkan untuk posisi Wakil Komut Pertamina, Rosan ditunjuk Menteri BUMN Erick Thohir untuk mengisi jabatan itu pada 27 Juli 2023 lalu. Di Pertamina, dia juga menggantikan posisi Pahala Mansury.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rosan Mundur dari Wamen BUMN, Erick Thohir Sebut Tak Perlu Pengganti"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×