kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Empat Proyek Kereta Api di Luar Jawa Akan Diprioritaskan Selesai Sebelum 2024


Rabu, 09 Februari 2022 / 17:31 WIB
Empat Proyek Kereta Api di Luar Jawa Akan Diprioritaskan Selesai Sebelum 2024
ILUSTRASI. Pemerintah akan merampungkan empat proyek kereta api di luar Jawa sebelum 2024.


Reporter: Achmad Jatnika | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah proyek jalur kereta api di luar Jawa masih belum kelar. Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjanjikan akan menyelesaikan proyek jalur kereta api di beberapa daerah di luar pulau Jawa sebelum tahun 2024, .

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulkifli mengatakan, pemerintah berkomitmen merampungkan proyek jalur kereta api di Sumatra Utara, Aceh, Sumatra Selatan, dan jalur kereta Makassar-Parepare.

“Terkait dengan pekerjaan perkeretaapian yang dikhawatirkan akan terbengkalai antara lain yaitu proyek jalur kereta api makassar-parepare, kereta api Sumatra bagian utara, kereta api di Aceh, serta di Sumsel ini memang menjadi fokus kita untuk menyelesaikan sebelum tahun 2024,” kata Zulkifli dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPR RI, Rabu (9/2).

Menurutnya, hal ini juga sudah diarahkan Presiden dan Menteri Perhubungan agar bisa selesai dan bisa beroperasi sebelum tahun 2024. “Selesai dalam arti tentunya beroperasi tidak hanya terbangun secara fisik,” jelasnya.

Baca Juga: Sebanyak 29 proyek strategis nasional ditargetkan kelar tahun depan

Zukifli menambahkan saat ini DJKA harus juga memikirkan bagaimana jalur kereta yang dibangun ini bisa dimanfaatkan oleh masyarkat ke depannya. Ia juga mengatakan bahwa anggaran DJKA akan difokuskan untuk penyelesaian pengoperasian jalur tersebut.

Ia menyebut, pembangunan jalur KA Makassar-Parepare di segmen Maros-Kabupaten Barru mempunyai jalur sepanjang 59,6 kilometer dan Mangilu Tonasa sepanjang 1,5 kilometer.

Lalu, pembangunan sistem KA di Sumatera Utara akan ada dua jalur yang ditingkatkan. Yakni, jalur lintas Medan-Belawan pada segmen Medan-Labuan tahap satu dengan jarak 22,9 kilometer, dan segmen jalur KA lintas Kisaran-Rantauprapat pada segmen Kisaran-Mambangmuda tahap satu dengan jarak 64,6 kilometer. 

Pembangunan jalur KA Lhoksumawe-Bireun segmen Kreung Geukeuh-Paloh sepanjang 8 kilometer. Kemudian, peningkatan telekomunikasi dan hubungan blok KA Lintas Lahat-Lubuk Linggau sepanjang 115 kilometer.

Baca Juga: Ini 3 Program Prioritas Kemenhub di Ditjen Perkeretaapian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×