kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Elektibilitas Ganjar Terkini Setelah Menjadi Capres PDI P


Jumat, 21 April 2023 / 16:46 WIB
Elektibilitas Ganjar Terkini Setelah Menjadi Capres PDI P
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo hadir saat perayaan HUT ke-50 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/01/2023).


Reporter: Markus Sumartomdjon | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Ketua PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri resmi menunjuk Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah sebagai calon presiden (capres) dari PDI P pada pemilu 2024 nanti. Pemilihan Ganjar tersebut berlangsung di Istana Batutulis, Bogor pada hari raya Kartini, 21 April 2023.

Megawati mengaku pemilihan Ganjar tersebut sudah melalui perbincangan dengan tokoh bangsa, termasuk juga Presiden Joko Widodo, dan di lingkungan  internal PDI P.

“Saya menugaskan Saudara Ganjar Pranowo yang sekarang sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon Presiden 2024,” kata Megawai dikutip di Youtube PDI Perjuangan, Kamis (21/4).

Baca Juga: Megawati Titahkan Seluruh Elemen PDI P Menangkan Ganjar Pranowo

Lantas seperti apa elektabilitas Gubernur Jawa Tengah dua periode ini?

Sebelum kisruh pembatalan Indoneia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 akhir Maret kemarin oleh FIFA, elektabilitas Ganjar Pranowo selalu menjadi jawara di sejumlah survei.

Namun usai menunjukkan ketidaksetujuan hadirnya tim sepakbola Israel di Indonesia, posisi jawara elektabilitas Ganjar langsung drop.

Ini terlihat dari hasi survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) terkini menunjukkan Prabowo Subianto menduduki elektabilitas teratas dalam simulasi tiga nama bakal calon presiden (capres). 

Ketua Umum Partai Gerindra itu memiliki elektabilitas sebesar 30,3%. "Disusul oleh Ganjar Pranowo 26,9% dan Anies Baswedan 25,3%," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam rilis survei secara daring, di awal April kemarin (9/4).

Hasil survei Lembaga Indikator Politik Indonesia terkini, 20 April 2023 menunjukkan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di posisi pertama dengan 22,2%.

Sementara itu, elektabilitas Ganjar Pranowo berada di posisi dua, yaitu 19,8%. Sedangkan di urutan ketiga adalah calon presiden yang diusung Nasdem, Demokrat dan PKS yakn Anies Baswedan 15,9%.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×