kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,66   16,77   1.89%
  • EMAS977.000 0,00%
  • RD.SAHAM 1.17%
  • RD.CAMPURAN 0.57%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Ekspektasi konsumen terhadap ekonomi dalam 6 bulan ke depan melemah


Selasa, 08 September 2020 / 18:01 WIB
Ekspektasi konsumen terhadap ekonomi dalam 6 bulan ke depan melemah
ILUSTRASI. Ekspektasi konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi 6 bulan ke depan yang cenderung lebih lemah.

Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks keyakinan konsumen pada Agustus 2020 kembali membaik. Berdasarkan survei konsumen Bank Indonesia (BI), membaiknya keyakinan konsumen pada bulan tersebt didorong oleh perbaikan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini.

Sayangnya, hasil survei bank sentral juga menangkap ekspektasi konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi 6 bulan ke depan yang cenderung lebih lemah dari bulan sebelumnya, meski memang masih berada dalam zona optimis atau di atas 100.

Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) Agustus 2020 tercatat 118,2 atau lebih rendah dibandingkan IEK Juli 2020 yang sebesar 121,7.

"Ini seiring dengan ekspektasi terhadap penghasilan, ketersediaan lapngan kerja, dan kegiatan usaha yang lebih terbatas," tulis bank sentral dalam laporan yang diterima Kontan.co.id, Selasa (8/9).

Baca Juga: BI: Perbaikan keyakinan konsumen didorong membaiknya persepsi akan ekonomi saat ini

Lebih rinci, ekspektasi responden terhadap ketersediaan lapangan kerja pada 6 bulan mendatang tercatat sebesar 114,5. Relatif stabil dibandingkan dengan 114,4 pada bulan sebelumnya. Berdasarkan tingkat pendidikan, indeks ini terpantau melemah pada seluruh kategori pendidikan.

Sementara dari sisi usia, indeks mengalami peningkatan pada responden di rentang usia 31 tahun hingga 50 tahun, dan di atas 60 tahun. Sementara pada kelompok usia lainnya, indeks nampak menurun.

Ekspektasi konsumen terhadap kenaikan penghasilan pada 6 bulan yang akan datang juga melemah. Terlihat dari indeks ekspektasi penghasilan Agustus 2020 tercatat sebesar 124,6 atau turun 125,4 pada bulan sebelumnya.

Penurunan indeks terjadi pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp 1 juta - Rp 3 juuta per bulan. Sementara ditinjau dari kategori usia, ekspektasi terhadap penghasilan ke depan mengalami penurunan pada responden berusia 20 tahun - 30 tahun dan 51 tahun - 60 tahun.

Sejalan dengan terbatasnya ekspektasi terhadap penghasilan dan ketersediaan lapnagan kerja ke depan, ekspektasi konsumen terhadpa ekspansi kegiatan usaha secara umum pada 6 bulan ke depan juga masih terbatas.

Ini terlihat dari Indeks ekspektasi kegiatan usaha yang sebesar 115,5 atau lebih rendah dari 125,3 pada bulan sebelumnya.

Penurunan indeks terhadi pada seluruh kategori pengeluaran, dengan terdalam pada responden dengan pengeluaran di atas Rp 5 juta per bulan. Sementara dari sisi usia, penurunan indeks terjadi pada kelompok responden berusia di bawah 60 tahun.

 

Selanjutnya: Mengukur pengaruh peningkatan Indeks Keyakinan Konsumen ke pasar saham

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
MENAGIH UTANG ITU MUDAH Basic Social Media Marketing Strategy (Facebook & Instagram) Batch 7

[X]
×